Home / NASIONAL

Jumat, 24 Juli 2020 - 11:34 WIB

DPR Bahas Isu Tata Ruang RUU Ciptaker

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI kini sedang membahas isu yang bersinggungan dengan tata ruang dalam Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Untuk mendapatkan peta tata ruang secara nasional, semua pihak mesti terlibat. Pembahasan rencana tata ruang harus dimulai dari kabupaten/kota.

Anggota Baleg DPR RI Firman Soebagyo mengemukakan hal ini saat mengikuti rapat Baleg dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (23/7). “Saya sering terlibat dalam penyusunan tata ruang. Tata ruang yang terkait dengan izin substantif itu tidak serta merta diputuskan oleh pemerintah pusat,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, ketika dirinya menjadi Anggota Komisi IV DPR RI pernah terlibat dalam penyusunan tata ruang bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ada tim padu serasi di KLHK yang punya otoritas menyusun peta tata ruang. Tim ini terdiri dari pemerintah daerah, akademisi, dan kementerian terkait dari pemerintah pusat.

“Mereka,” kata Firman, “Merumuskan peta yang diusulkan pemerintah kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah kabupaten/kota meyerap juga dari kecamatan masing-masing,” tambahnya. Setelah disepakati di tingkat kabupaten/kota kemudian ditandatangani peta itu. Setelah ditandatangani barulah dibahas di tingkat provinsi.

Setelah provinsi selesai membahas, lanjut Firman, rencana tata ruang tersebut kemudian dikompilasi ke setiap provinsi untuk dibawa ke tingkat pusat. Di tingkat pusat di-godog lagi. Barulah di situ diputuskan. “Jadi, prosesnya tidak ada yang ditinggalkan. Inilah yang disebut tim tata ruang untuk mendapatkan izin substantif yang sedang dibahas Baleg ini,” tutup legislator dapil Jawa Tengah III itu. (rls/dpr)

Share :

Baca Juga

Sekretariat Presiden menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia secara Daring oleh Peserta Terbanyak. Acara penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Senin, 17 Agustus 2020. Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Sekretariat Presiden Terima Rekor MURI
Ilustrasi--Buruh demo. Foto/Alinea

NASIONAL

Buruh Demo Dugaan Korupsi BJPS Ketenagakerjaan Pekan Depan
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Foto/Ist

NASIONAL

RSCM Bakal Jadi Pusat Kesehatan Terbaik
Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

NASIONAL

Maybank Buka Suara soal Tabungan Nasabah di Solo Hilang Rp72 Juta
Petugas kargo pesawat menurunkan satu koli vaksin covid-19 Sinovac tahap I di Bandara El Tari Kupang, Kota Kupang, NTT Selasa (5/1). Foto/ANTARA FOTO

NASIONAL

130 Ribu Vaksin AstraZeneca Disiapkan untuk Prajurit TNI
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB. Foto/Antara

NASIONAL

Wapres RI Tegaskan Vaksinasi Tak Boleh Gagal
Ilustrasi benih lobster. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Siapkan Satgas Ekspor Benih Lobster
Ilustrasi siswa sekolah 3T. Foto/Antara

NASIONAL

Kemendikbud Ungkap Sekolah 3T Sulit Akses Modul PJJ