Home / NASIONAL

Senin, 18 Januari 2021 - 11:43 WIB

DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Kapolri 20 Januari

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan nama Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Selanjutnya, jenderal bintang tiga itu akan segera menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengatakan jadwal uji kelayakan dan kepatutan bagi calon Kapolri sudah dalam rencananya. Fit and proper test ini akan berlangsung pada Rabu (20/1).

“Hari Rabu (20 Januari 2021) minggu depan dalam rencana kami, sesuai hasil rapat internal Komisi III,” ujar Herman saat dikonfirmasi, Jumat (15/1).

Herman menambahkan, untuk agenda perdana dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri masih dalam pembahasan. Rencananya, semuanya baru akan diputuskan Senin (18/1).

“Senin akan kami susun,” tukasnya.

Sebelumnya,  Ketua DPR Puan Maharani mengatakan telah menerima Surat Presiden terkait pencalonan Kapolri atas nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Surat tersebut disampaikan langsung oleh Mensesneg Pratikno, Rabu (13/1)

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri,” terang Puan Maharani.

Sementara itu, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyambut baik penunjukan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

“Semoga Komjen Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri adalah pribadi yang berani dan antikorupsi. Sehingga, Pak Sigit berani perbaiki Polri,” ujar Novel dikutip dari akun Twitter pribadinya.

Harapan Novel Baswedan ini sejalan dengan arahan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat Seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tingkat Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-29 Tahun 2020.

Saat itu, Ma’ruf Amin menyatakan reformasi birokrasi di tubuh Polri harus menjadi prioritas dan dipercepat agar menjadi lembaga yang profesional, humanis, serta bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

(heq/dpr)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Akhir Desember?
Ketua Komisi III Herman Hery (kiri) dan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo berjalan keluar usai hadir dalam uji keayakan dan kepatuatan di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks ParlemenSenayan, Jakarta. Foto/Medcom

NASIONAL

Ketua DPR Soal Visi Misi Listyo: Ada Semangat Transformasi
Gedung perkantoran di DKI Jakarta. Foto/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

NASIONAL

Anies Perpanjang PSBB Transisi DKI hingga 6 Desember
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat jumpa Pers di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020). Foto/Jawa Pos

NASIONAL

Polisi Tak Beri Izin Aksi 1812, Siapkan Operasi Kemanusiaan
Ilustrasi--Atlet Renang Nasional Triady Fauzy berlatih secara mandiri di kolam renang salah satu hotel di Bandung di Masa Pandemi. Foto/Antara

NASIONAL

Kerumunan Waterboom Cikarang, Dua Orang Jadi Tersangka
Presiden Joko Widodo optimistis sepeda motor listrik Gesits bisa menjadi solusi kendaraan alternatif bagi masyarakat. Foto/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

NASIONAL

Pemerintah Serius Kembangkan Kendaraan Berbasis Listrik
Satuan Reserse Narkoba Polres Bogor berhasil menangkap 52 tersangka terkait kasus tindak pidana narkoba di wilayah Kabupaten Bogor. Foto/Ist

NASIONAL

Polres Bogor Ungkap 52 Kasus Narkoba dalam Sepekan
MRT jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Jam Operasional Transportasi Umum di DKI Dibatasi