Home / UMKM

Selasa, 23 Februari 2021 - 22:43 WIB

Dua Cara Daftar UMKM Online

Pelaku UMKM memperlihatkan produknya di marketplacr online. Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

Pelaku UMKM memperlihatkan produknya di marketplacr online. Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

JAKARTA, BERITANUSA.id – Cara daftar UMKM online menjadi suatu hal yang belum diketahui masyarakat. Apalagi, saat ini telah banyak usaha di Indonesia yang termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Usaha tersebut menjadi usaha yang mayoritasnya berskala mikro. Namun, banyak dari sektor usaha tersebut yang belum terdaftar dan mendapatkan izin usaha.

Hal tersebut sangat disayangkan karena banyak manfaat yang bisa diterima jika usaha mikro memiliki izin usaha resmi.

“Selain memiliki kepastian hukum yang jelas, fasilitasi dari Pemerintah pun akan tersalurkan dengan tepat karena usahanya telah terdaftar,” keterangan dari instagram Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) yang dikutip, Senin (22/2).

Ada pilihan untuk mendaftarkan usaha berskala mikro supaya mendapatkan izin usaha. Untuk usaha perseorangan mikro dan kecil, pilih Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Pengajuan IUMK bisa datang langsung ke dinas terkait setempat atau melalui sistem Online Single Submission (OSS).

“Yuk Sobat yang memiliki usaha mikro tapi belum memiliki izin usaha, segera daftarkan melalui dinas setempat ataupun secara online melalui sistem Online Single Submission (OSS) di oss.go.id,” tulis KemenkopUKM.

Nantinya, pada situs tersebut terdapat petunjuk teknis pengisian khusus untuk usaha mikro dan kecil perseorangan. Tak lupa KemenkopUKM mengajak pelaku bisnis mikro untuk memiliki izin usaha agar usaha mikro yang dijalankan bisa naik kelas.

“Yuk mulai urus perizinan usaha mikro kalian! Dengan memiliki NIB, akan mendapatkan surat pernyataan halal, izin edar, dan dilindungi hukum sehingga bisa naik kelas,” ajak KemenkopUKM.

(kop/ukm)

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat bersama Menteri Sosial Juliari P Batubara mengunjungi perajin Comring (Comro Singkong Kering) merek Raja Rasa di Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/11). Foto/Kemenkop UKM

NASIONAL

Menkop Sebut Penerima Bansos Naik Kelas Jadi Usaha Mikro
Kantor unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat melalui petugas Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) mulai mensurvei usaha dari mitra UMKM Pusatnusa, Senin (12/10). Foto/Beritanusa

UMKM

PTSP Kebon Jeruk Mulai Survei 15 Mitra UMKM Pusatnusa
Ilustrasi Facebook. Ist

EKONOMI

Facebook Luncurkan Bantuan UKM Rp12,5 Miliar, Begini Cara Daftarnya
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

UMKM

BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair, Segera Cek SMS dari Bank BRI
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menawarkan produk yang dijual saat pameran produk UMKM di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

NUSANTARA

Pemkot Palangka Raya Fasilitasi Permintaan Belanja UMKM
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Banpres Produktif Telah Disalurkan ke 1,6 Juta UMKM

NASIONAL

Ini Cara UMKM yang Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meninjau hasil produksi Dekranasda Sultra. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Kerajinan UMKM Dekranasda Sultra Target Pasar Ekspor