Home / KULINER

Sabtu, 5 Desember 2020 - 11:16 WIB

Dua Kuliner Cocok Dikonsumsi untuk Jaga Imunitas Tubuh

Asinan buah. Foto/Ilustrasi

Asinan buah. Foto/Ilustrasi

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tubuh yang selalu sehat sangat dibutuhkan di kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Agar sehat, kamu butuh minum vitamin, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Tahukah kamu, banyak kuliner sehat khas Indonesia yang bisa dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh.

Di bawah ini kita hadirkan dua menu rekomendasi kuliner Indonesia yang tentunya sehat dan bisa dinikmati kapan saja, karena cara membuatnya pun gampang di rumah.

Asinan buah

Asinan merupakan makanan khas yang diolah dengan cara pengacaran (diasinkan dengan campuran garam ataupun cuka). Asinan sebenarnya terdapat dua jenis, yaitu Asinan Betawi (sayuran) dan Asinan Bogor (buah).

Tetapi, yang masih banyak digemari saat ini yaitu asinan Bogor. Untuk asinan Bogor sendiri terdiri dari beberapa buah-buahan, antara lain mangga, jambu air, kedondong, bengkuang, nanas, dan lainnya.

BACA JUGA:  Rasakan Sensasi Lezat Lobster Bumbu Cabai

Cara penyajiannya potongan buah tersebuh disiram dengan kuah cuka dan kacang goreng. Pedas, manis, asam menjadi satu kesatuan ketika menyantapnya. Segar banget!

Sedangkan untuk asinan Betawi atau asinan sayur cara penyajiannya tetap sama dengan sebelumnya, namun yang membedakan adalah isiannya. Biasanya sayuran yang pakai adalah sawi, kubis, taoge, tahu, selada, dan lainnya.

Kemudian, disiram dengan kuah bumbu kacang yang diracik dengan cuka dan tambahan cabai. Tak lupa kacang goreng, serta umumnya ada bahan pelengkap untuk menyantap asinan ini, yaitu kerupuk mi ataupun kerupuk merah.

BACA JUGA:  Meski Enak, Ini Bahaya Mie Instan Jika Sering Dikonsumsi

Pecel sayur

Kuliner Jawa ini tidak beda jauh dalam penyajiannya dengan gado-gado. Bahan utamanya tetap sama yaitu sayur-sayuran yang direbus. Sayurannya terdiri dari kacang panjang, taoge, daun singkong, dan berbagai macam lainnya.

Bumbu yang digunakan sebagai siramannya yakni bumbu kacang yang terbuat dari campuran gula merah, kacang tanah yang disangrai, garam, kencur, kecombrang, dan daun jeruk. Lalu semua bahan tersebut ditumbuk atau dihaluskan.

Banyak macam cara penyajian bumbu kacang atau sambal kacang pecel. Salah satunya dengan menambahkan campuran air dengan asam jawa guna mencairkan sambal pecel tersebut. Dalam menyantap pecel sayur, biasanya akan dijajakan gorengan sebagai bahan pelengkap, seperti bakwan atau bala-bala.

(pm/heq)

Share :

Baca Juga

Mie instan, boleh dikatakan merupakan jenis makanan yang kerap dipilih dan menjadi favorit banyak orang. Foto/Istimewa

KULINER

Meski Enak, Ini Bahaya Mie Instan Jika Sering Dikonsumsi
Sup rawon. Foto/Istimewa

KULINER

Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terlezat di Asia
Bawang putih. Ist

KESEHATAN

7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi
Ramyeon. Ilustrasi

KULINER

5 Makanan Ini Jadi Populer Berkat Drama Korea
Beras merah. Ist

KESEHATAN

Selain untuk Diet, Beras Merah Punya Segudang Manfaat Ini
Kismis. Ist

KESEHATAN

5 Manfaat Konsumsi Kismis yang Tak Boleh Diremehkan
Daun kemangi. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Daun Kemangi, Mengurangi Stres hingga Mencegah Kanker
Kuliner Soto Bogor. Foto/Ist

KULINER

Nikmati Kuliner Langganan Presiden Jokowi di Kota Bogor