Home / NASIONAL

Jumat, 15 Januari 2021 - 19:14 WIB

Efikasi Vaksin Sinovac di Indonesia Rendah

Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menjelaskan efikasi vaksin Sinovac pada uji klinis fase tiga di Indonesia lebih kecil dibanding negara lain karena jumlah kasus yang sedikit.

Penny mengatakan salah satu pengukuran efikasi adalah membandingkan tingkat penularan Covid-19 di antara relawan yang disuntik vaksin dengan relawan yang disuntik plasebo atau obat kosong.

“Semakin banyak (relawan yang disuntik) plasebo terinfeksi karena mungkin intensitas (penularan virus di masyarakat) sangat tinggi, tentu akan semakin tinggi efikasinya,” kata Penny kata Netty dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/1).

BACA JUGA:  440 Ribu Tenaga Kesehatan Siap Vaksinasi Covid

Penny mengatakan kasus Covid-19 di Indonesia berkisar di angka 800 ribu saat uji klinis tahap tiga digelar. Sementara di Brazil kasus positif Covid-19 mencapai 8 juta, sedangkan di Turki 2,5 juta saat uji klinis fase tiga digelar.

Selain itu, jumlah dan kategori relawan juga menentukan. Penny mengatakan Indonesia jadi negara dengan jumlah relawan vaksin paling sedikit, yaitu 1.600 orang.

Indonesia juga melibatkan relawan dari seluruh kalangan masyarakat. Di saat yang sama, relawan vaksin di Brazil seluruhnya adalah tenaga kesehatan. Sementara di Turki, 20 persen relawan vaksin adalah tenaga kesehatan.

BACA JUGA:  Nadiem Targetkan Vaksinasi 5 Juta Guru Kelar Juni 2021

Banyaknya perbedaan itu, kata Penny, membuat tingkat efikasi di setiap negara tidak bisa dibandingkan.

“Bagaimana dinamika dari relawan itu di masyarakat setelah mendapat vaksin, itu sangat menentukan. Jadi, tidak bisa dibandingkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Indonesia melakukan uji klinis fase ketiga terhadap vaksin Sinovac. Pengujian yang diadakan di Bandung itu mengungkap efikasi 65,3 persen.

Tingkat efikasi yang didapat Indoensia berbeda dengan negara lainnya. Brasil menyebut efikasi 78 persen, sedangkan di Turki 91,25 persen. Brasil kemudian mengungkap ada perubahan menjadi 50,4 persen pada Selasa (12/1).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Alasan Polri Tahan Rizieq Shihab Soal Kerumunan
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

Dipangkas 3 Hari, Total Libur Akhir Tahun Jadi Delapan Hari
Material kayu dan lumpur akibat banjir bandang di Gunung Mas, Puncak, Bogor. Foto/istimewa/WA Group Relawan Bogor

NASIONAL

Banjir Bandang Terjang Puncak Bogor
Aparatur sipil negera tengah melakukan apel. Foto/Humas Kota Gunung Sitoli

NASIONAL

Tjahjo Kumolo Larang ASN Gabung ke Ormas Terlarang
Ilustrasi polisi tengah mengamankan aksi demonstrasi. Foto/Ist

NASIONAL

1.000 Polisi Terjun Amankan Unjuk Rasa di Kedubes Prancis
Polri siap amankan aksi unjuk rasa. Foto/Ist

NASIONAL

9.236 Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Antisipasi Demo Buruh
PT Transjakarta melipatgandakan frekuensi pencucian armada bus dengan menggunakan desinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan. Foto/MI/Pius Erlangga

NASIONAL

Jam Operasional Transjakarta dan MRT Dibatasi hingga 20.00
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah). Foto/ANTARA

NASIONAL

Dua Sespri Edhy Prabowo Diperiksa Soal Suap Benur