Home / NUSANTARA

Senin, 4 Januari 2021 - 20:43 WIB

Ganjar Sebut Vaksinasi Jateng Mulai 14 Januari

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/Media Indonesia/Haryanto Mega

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto/Media Indonesia/Haryanto Mega

SEMARANG, BERITANUSA.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberi penjelasan terkait vaksinasi pertama yang akan dilakukan di Jawa Tengah setelah Vaksin Sinovac tiba di Indonesia. Ganjar mengatakan vaksinasi akan dimulai 14 Januari 2021 dengan penerima pertama adalah para tenaga medis.

“Ini tadi malam datangnya, sebanyak 62.560 dosis. Ini bertahap dan alhamdulillah sudah kita siapkan semuanya termasuk nanti sistem distribusinya ke daerah sampai ke penerima,” kata Ganjar di Ngaliyan Kota Semarang, Senin (4/1).

“14 Januari (mulai vaksinasi). Targetnya tahap pertama ini untuk nakes. Kami sudah menghitung total nakes sebanyak 177.784, kemudian tahap kedua nanti untuk pelayanan publik seperti TNI/Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, KA, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat sebanyak 1,1 juta. Setelah itu untuk masyarakat rentan pada tahap ketiga sebanyak 11,4 juta, dan tahap keempat untuk masyarakat umum lainnya 6,04 juta serta masyarakat lain termasuk pelaku ekonomi 4,5 juta,” sambungnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah mendata penerima di masing-masing daerah. Kemudian kurang lebih sebanyak 35 Kabupaten/Kota sudah terhitung distribusi vaksin tahap awal ini.

“Sudah ada tabelnya dari 35 Kabupaten/Kota penerima vaksin ini. Terbanyak kalau saya lihat di Kota Semarang, kemudian Solo dan Banyumas. Itu yang rata-rata jumlahnya di atas 10.000 dosis,” ucapnya.

“Istilahnya harus ada rantai dingin, mulai dari sini sampai ke Kabupaten/Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini nggak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal-jadwal kedatangan berikutnya,” sambungnya.

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak. Foto/Istimewa

NASIONAL

16 Orang Ditunjuk Jadi PLH Bupati-Wali Kota Daerah Jatim
Guru memberikan pengarahan kepada murid saat hari pertama masuk sekolah di SDN 11 Marunggi, Pariaman, Sumatera Barat. Foto/Antara

NUSANTARA

Unggah Gaji Rp700 Ribu, Guru Honorer Dipecat Via Whatsapp
Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Warga Keluhkan Bansos Ayam Hidup di Cianjur
Jembatan Jalur Pantura di Sungai Rembun, perbatasan antara Pekalongan -Pemalang Jawa Tengah, ambles. Foto/iNews TV

NASIONAL

Jalur Nasional Terhambat Akibat Jembatan Pantura Ambles
Tim SAR gabungan TNI-Polri. Ist

NUSANTARA

Tim SAR Gabungan TNI-Polri Berhasil Evakuasi Helikopter di Papua
Pangkogabwilhan II serahkan paket sembako. Foto/TNI

NUSANTARA

Sambut HUT ke-75 TNI, Pangkogabwilhan II Serahkan Paket Sembako
Demo mahasiswa Papua di depan Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (14/7/2020). Foto/Jubi

NASIONAL

Mahasiswa Papua Demo Tolak Perpanjangan Otsus
Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Tengah musnahkan 23 ribu jamu tradisional palsu dengan cara dibakar di Krematorium Kedungmundu, Semarang, Senin (30/11). Foto/Ist

NASIONAL

Polda Jateng Musnahkan 23 Ribu Jamu Palsu