Home / NUSANTARA

Jumat, 15 Januari 2021 - 09:08 WIB

Gempa M 6,2 di Majene Akibatkan Kantor Gubernur Sulbar Ambruk

Ilustrasi gempa dan tsunami. Foto/Ist

Ilustrasi gempa dan tsunami. Foto/Ist

MAMUJU, BERITANUSA.id – Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Majene mengakibatkan sejumlah bangunan bertingkat ambruk. Bahkan dilaporkan kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) ikut mengalami kerusakan berat.

“Betul info yang kami dapatkan kantor Gubernur rusak berat,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Raditya Jati, dalam keterangannya, Jumat (15/1).

Raditya juga mengatakan saat ini aliran listrik masih padam. “Sementara masih mati listrik,” ujar Raditya.

Berdasarkan foto yang beredar, gedung Gubernur Sulbar pasca gempa tampak ambruk tak tersisa. Puing-puing gedung tampak berserakan.

Diketahui Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa M 6,2 di Majene terjadi pukul 01.28 WIB atau 02.28 WITa, Jumat (15/1).

Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 Lintang Selatan dan 118,94 Bujur Timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan analisis peta guncangan BMKG yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa M6,2 ini memicu kekuatan guncangan IV – V MMI di Majene, III MMI di Palu, Sulawesi Tengah dan II MMI di Makasar, Sulawesi Selatan.

Skala Mercalli tersebut merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa. Deskripsi BMKG pada skala V MMI menunjukkan getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Sedangkan IV MMI, skala ini menunjukkan pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela dan pintu berderik serta dinding berbunyi. Skala III MMI menunjukkan adanya getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Berikutnya II MMI, ini menunjukkan adanya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Terkait dengan gempa M 6,2 ini, BMKG mengeluarkan parameter gempa terjadi pada pukul 01.28 WIB yang berpusat 6 km timur laut Majene. Pusat gempa memiliki kedalaman 10 km. Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa tidak memicu terjadinya tsunami.

(det/heq)

Share :

Baca Juga

Foto: PMJNews

NUSANTARA

Kebakaran Ruko di Penjaringan Tewaskan Dua Orang
kecelakaan

NUSANTARA

Akibat Human Error Menjadi Faktor Terbesar Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Kediri
Demo mahasiswa Papua di depan Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (14/7/2020). Foto/Jubi

NASIONAL

Mahasiswa Papua Demo Tolak Perpanjangan Otsus
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Freepik

NUSANTARA

Gempa 5,0 Guncang Sabang, Tak Berpotensi Tsunami
Sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Tangerang. ist

NUSANTARA

Tekan Covid di Tangerang, TNI-Polri Cek Protokol Kesehatan
Ilustrasi Stadion di Aceh. Ist

NASIONAL

Aceh Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI 2024 Bersama Sumut
Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba jenis pil koplo (psikotripika dan obat berbahaya). Foto/Detik

NASIONAL

Polda DIY Ungkap 14 Kasus Narkoba Selama September-Oktober
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km