Home / GLOBAL

Senin, 15 Februari 2021 - 08:08 WIB

Gempa M 7,1 Guncang Jepang, Ini Kata BMKG

Seorang pria berjalan di lokasi tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Tsunagi, Prefektur Kumamoto pada 7 Juli 2020. Foto/AFP

Seorang pria berjalan di lokasi tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Tsunagi, Prefektur Kumamoto pada 7 Juli 2020. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 mengguncang sisi Timur lepas pantai Fukushima, Jepang pada Sabtu (13/2). Akibat gempa tersebut, puluhan orang mengalami luka-luka.

Menanggapi dahsyatnya getaran gempa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan analisanya sumber gempa berada dikedalaman 54 kilometer.

“Meski gempa ini berpusat di laut, tetapi kedalaman hiposenternya mendekati intermediate sekitar 54 km, sehingga tidak berpotensi tsunami,” ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Minggu (14/2).

“Karena magnitudo gempa yang cukup besar dengan hiposenternya yang relatif ‘dalam’ menyebabkan spektrum guncangan kuat yang ditimbulkan melanda wilayah yang luas mencapai Kota Tokyo,” sambungnya.

Selain itu, Daryono menganggap gempa kali ini sebagai gempa susulan (aftershocks) dari gempa yang memicu tsunami dahsyat pada 11 Maret 2011 silam. Lebih lanjut ia menjelaskan di bagian slab lempeng yang ada sejak 2011 silam masih memendam medan tegangan.

“Setelah terjadi deformasi yang hebat di zona megathrust pada 11 maret 2011 tampaknya pada bagian slab lempeng yang menunjam lebih dalam, masih menyimpan medan tegangan yang terakumulasi dan belum rilis sehingga baru dilepaskan dalam bentuk gempa,” tuturnya.

Aftershocks (gempa susulan) tidak dapat kita batasi secara sempit dalam waktu yang relatif singkat pasca gempa kuat, tetapi proses membangun kesetimbangan medan tegangan di zona gempa dapat memakan waktu yang cukup lama,” imbuhnya.

Sebelumnya, dikutip dari laman Aljazeera disebutkan sekitar 950 ribu rumah kehilangan listrik di seluruh wilayah yang terdampak. Pemadaman listrik terkonsentrasi di timur laut Jepang, termasuk Fukushima dan prefektur sekitarnya.

(bad/mkg)

Share :

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Antara

GLOBAL

RI Tutup Pintu Masuk Bagi WNA
Satgas TNI Konga XXXIX-B/RDB Monusco. Foto/TNI

GLOBAL

Satgas TNI di Kongo Berhasil Bujuk 43 Milisi Beserta 32 Senjata
Aksi demonstrasi menentang kudeta militer Myanmar di Yangon. Foto/AFP

GLOBAL

Pedemo Myanmar Serukan Mogok Besar-besaran Tolak Kudeta
Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) Unifil 2020. Foto/Ist

GLOBAL

Kontingen Garuda di Lebanon Terima Penghargaan PBB
Jet tempur F-18 Foto/Ist

GLOBAL

AS Setujui Jual Jet Tempur F-15 dan F-18 ke RI
Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha. Foto/AFP

GLOBAL

Terima 200 Ribu Vaksin, PM Thailand: Terima Kasih China
Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB. Ist

GLOBAL

Catatan Positif Presidensi RI di DK PBB
KBRI Malaysia di Kuala Lumpur. Foto/Antara

GLOBAL

Pemerintah Turun Tangan Atas Parodi Indonesia Raya