Home / GLOBAL

Selasa, 20 Oktober 2020 - 11:50 WIB

Gempa Magnitudo 7.5, Tsunami Terjang Alaska

Ilustrasi gempa dan tsunami. Foto/Ist

Ilustrasi gempa dan tsunami. Foto/Ist

ALASKA, BERITANUSA.id – Gempa bumi dengan magnitudo 7.5 mengguncang Sand Point, Alaska, Amerika Serikat, pada Senin (19/10), dan memicu tsunami setinggi 45 centimeter.

Seperti dilansir CNN, Selasa (20/10), Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS menyatakan saat diukur di lautan, gempa itu menyebabkan dua gelombang tsunami setinggi 130 centimeter. Akan tetapi ketika sampai di darat, ketinggian gelombang menurun menjadi 45.7 centimeter.

Menurut Scott Langley dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS, kawasan pesisir yang mereka pantau terkait tsunami adalah sepanjang 500 mil (sekitar 804.7 kilometer).

Sesaat setelah gempa terjadi, badan setempat menerbitkan peringatan tsunami di semenanjung dan selatan Alaska. Namun, setelah beberapa saat skala peringatan diturunkan. Menurut Langley, kawasan yang diterjang tsunami kecil itu adalah wilayah terpencil.

“Untuk wilayah AS dan pesisir Kanada tidak ada ancaman tsunami,” demikian pernyataan lembaga tersebut.

Pusat gempa dilaporkan berada pada jarak 96.5 kilometer dari Sand Point, dekat semenanjung Aleutia. Penduduk Sand Point, Lorna Osterback mengatakan guncangan yang dirasakan akibat gempa sangat terasa.

“Guncangannya sangat terasa. Ini besar sekali,” kata Lorna.

Dia mengatakan para penduduk langsung meninggalkan kediaman dan menuju kawasan yang lebih tinggi setelah terbit peringatan bahaya tsunami usai gempa. Sejumlah gempa susulan dengan magnitudo 5.9 dan 5.8 beberapa jam setelah gempa awal.

(cnn/int)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi ibadah umrah. Ist

GLOBAL

Arab Saudi Izinkan Ibadah Umrah Lagi Mulai 4 Oktober
Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin saat simulasi vaksinasi COVID-19 di RS Islam, Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12). Foto/ANTARA

GLOBAL

Malaysia Bakal Gratiskan Vaksin Covid untuk Warga Asing
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. Foto/Ist

GLOBAL

PM Malaysia Muhyiddin Yassin Diminta Mundur
Presiden AS Joe Biden. Foto/AFP

GLOBAL

Jokowi Beri Ucapan Selamat untuk Joe Biden
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto/AFP

GLOBAL

Pemerintah Brasil Tolak Beli Vaksin Corona dari China
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Antara

GLOBAL

RI Tak Akan Buka Hubungan dengan Israel
Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin. Ist

GLOBAL

Keracunan Makanan, Raja Malaysia Dilarikan ke RS
Seorang migran Myanmar memegang poster dengan gambar Kepala Jenderal Senior Min Aung Hlaing, panglima angkatan bersenjata Myanmar, saat mereka mengambil bagian dalam demonstrasi di luar kedutaan Myanmar di Bangkok pada 1 Februari 2021, setelah itu. Militer Myanmar menahan pemimpin de facto negara itu Aung San Suu Kyi dan presiden negara itu dalam kudeta. Foto/AFP

GLOBAL

Tiga Aktivis Protes Anti-Kudeta di Myanmar Ditangkap