Home / NASIONAL

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:49 WIB

Gugat Hasil Pilkades, Bupati Banyuasin Ikut Jadi Tergugat

BANYUASIN, BERITANUSA.Id – Tim Kuasa Hukum dari kantor prngacara Rindar Mandela dan Rekan, resmi mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Pangkalan Balai, atas permasalahan dalam pemilihan kepala desa Gasing, Pangkalan Balai, Banyuasin, Sumatera Selatan (jumat 14/01/2022).
Tak tanggung tanggung Ketiga (3) Calon Kepala Desa yang menjadi peserta dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Desa Serentak melalui sistem e-Voting pada tanggal 17 November 2021 lalu menunjuk kantor hukum Rindar Mandela dan Rekan, untuk menanganibpermasalahan mereka.

Atas hal tersebut Kuasa Hukum dari para Calon Kepala Desa Gasing, kini resmi menepuh upaya hukum.

Mereka memilih untuk mencari keadilanĀ  dan kepastian hukum dengan menggugat hasil Pemilihan Kepala Desa ke Pengadilan Negeri Pangkalan Balai.

Ketiga Calon Kepala Desa itu terdiri dari Ardhiansyah, Hadi Ulama, dan Sohardi. Diwakili Kuasa Hukumnya Rindar Mandela, S.H (Advokat) & Rosalina Pertiwi Gultom, S.H (Advokat), Nur Ahmat Susanto, S.H (Paralegal) dari Kantor Hukum Rindar Mandela, S.H & Rekan telah resmi mendaftarkan Gugatan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Pangkalan Balai.

“3 Calon Kepala Desa merupakan Warga Desa Gasing yang telah mengikuti Pemilihan Kepala Desa Gasing secara e-Voting pada 17 November 2021 lalu, dan atas hasil pemilihan Kepala Desa Tersebut 3 dari 4 Calon Kepala Desa menyatakan tidak menerima hasil pemilihan Kepala Desa yang ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Ä¢asing Tahun 2021”, Ujar Rindar Mandela.

Menurut Rindar yang juga aktivis penyuluh anti korupsi ini, tim kuasa hukum dalam gugatannya akan menarik pihak-pihak yang ada hubingannya dengan perkara pemilihan kepala desa di Desa Gasing.

“Bahwa dalam perkara ini kami akan menarik pihak – pihak yang menurut kami ada hubungan hukumnya terkait proses Pemilihan Kepala Desa Gasing secara e-Voting tahun 2021 dan secara materiil fakta-fakta hukum apa yang Penggugat dalilkan akan di uji di Pengadilan Negeri Pangkalan Balai” tambah Rindar.

Gugatan yang diajukan penasihat hukum para calon kepala desa menurut Rindar merupakan bentuk etikad baik Penggugat. Adapun upaya hukum untuk mencari keadilan dan kepastian hukum merupakan jalan yang tidak bertentangan dengan konstitusional.

“Penggugat sebagai warga negara mempunyai hak yang sama di hadapan hukum. Dengan upaya hukum yang ditempuh, beralasan menurut hukum kami meminta kepada Bupati Banyuasin untuk menunda Pelantikan Kepala Desa Gasing Tahun 2021, Selain itu dalam gugatan yang kami Ajukan Bupati Banyuasin juga ikut jadi Tergugat”. tutup Rindar. ***red-03

Share :

Baca Juga

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, Rabu (20/1). Foto/DPR RI

NASIONAL

DPR Gelar Rapat Paripurna Tetapkan Listyo Jadi Kapolri
Ilustrasi orang pakai masker. Foto/Ist

NASIONAL

NTT-Papua Sumbang Zona Hijau Covid-19 Terbanyak
TNI-Polri melakukan pengamanan terhadap vaksin yang tiba di Bandara SAMS Sepinggan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Polri Terjunkan 83.566 Personel Amankan Vaksinasi Covid
Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. Foto/Antara/Mohammad Ayudha

NASIONAL

Densus Polri Tangkap Buronan Bom Bali I di Lampung
Presiden Jokowi tinjau lokasi terdampak bencana di Kalimantan Selatan. Foto/Setneg

NASIONAL

Tiba di Kalsel, Jokowi Langsung Tinjau Korban Banjir
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Foto: Istimewa

NASIONAL

Nadiem: Belajar Tatap Muka Efektif untuk Daerah 3T
Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Tarif Denda e-TLE Mulai Rp250 Ribu-500 Ribu
Presiden Jokowi saat berbincang dengan Menko Luhut dan Menlu Retno dalam sebuah forum. Foto/Antara

NASIONAL

Presiden Tunjuk Luhut Jadi Pengganti Sementara Menteri Edhy