Home / NASIONAL

Selasa, 21 Juli 2020 - 16:16 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Ganti Nama Jadi Satgas

Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: Istimewa

Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 hanya berganti nama. Namun, ia memastikan tak ada perubahan terkait struktur organisasi atau pun tugas yang diemban.

Menurut Pramono, hal ini sudah jelas diatur di dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Perpres itu diteken Presiden Jokowi, Senin (20/7) kemarin.

“Sebenarnya dengan terbitnya Perpres 82/2020 itu, maka Gugus Tugas beralih namanya menjadi satuan tugas,” kata Pramono dalam jumpa pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/7).

Pramono menjelaskan, sebelumnya Gugus Tugas Covid-19 berdiri sendiri dengan payung hukum Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020. Namun, setelah keluarnya Perpres 82/2020, Gugus Tugas tidak lagi berdiri sendiri.

Sebab ada satuan tugas lain yang dibentuk, yakni Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. Kedua Satgas ini pun kini berada di bawah naungan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Karena dia tidak berdiri sendiri, ada satuan tugas yang lain, maka namanya menjadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Tapi bekerjanya, tanggung jawab, dan sebagainya adalah sama,” kata dia.

Satgas Penanganan Covid-19 ini tetap dipimpin oleh Kepala BNPB Doni Monardo. Tugasnya juga masih sama, yakni menekan penyebaran Covid-19.

Pramono pun menyebut hal yang sama berlaku bagi gugus tugas Covid-19 daerah. Setelah terbitnya Perpres, maka gugus tugas daerah juga mengikuti berubah menjadi satuan tugas.

“Jadi, saya tegaskan, Gugus Tugas di daerah tidak ada yang dibubarkan, semua berganti nama menjadi Satgas daerah,” kata dia. (kps)

Sumber: Kompas

Share :

Baca Juga

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

80 Warga yang Hadiri Acara Rizieq Shihab Positif Covid
Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden RI. Foto/IG Angkie

NASIONAL

Stafsus Sampaikan Pesan Presiden Jokowi Soal SJ 182
2 politikus Gerindra Prabowo Subainto dan Edhy Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (21/10). Foto/MI

NASIONAL

Edhy Minta Maaf ke Jokowi dan Prabowo soal Suap Ekspor Lobster
Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

NASIONAL

Merapi Erupsi Lagi, Awan Panas Meluncur Sejauh 1,6 KM
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Siap-siap, RI Mulai Vaksinasi Pertengahan Januari 2021
DPR sahkan RUU Cipta Kerja jadi UU. Foto/DPR

NASIONAL

Resmi! DPR Sahkan RUU Cipta Kerja Jadi Undang-undang
Jet tempur Rafale. Foto/Airspace Review

NASIONAL

RI Bakal Beli Jet Tempur Rafale dan F-15 Ex
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Puan Maharani Minta Pemerintah Gandeng Kelompok Buruh Bahas UU Cipta Kerja