Home / NASIONAL

Kamis, 4 Februari 2021 - 21:35 WIB

Henri Alfiandi Resmi Dilantik Jadi Kepala Basarnas

Asops Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi saat menjelaskan terkait proses pencarian pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/1). Foto/Antara

Asops Kasau Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi saat menjelaskan terkait proses pencarian pesawat Sriwijaya Air yang jatuh di Kepulauan Seribu, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (10/1). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumasi (BKS) melakukan rotasi. Kepala Basarnas (Kabasarnas) yang sebelumnya dipegang oleh Marsda TNI Bagus Puruhito, kini digantikan oleh Marsda TNI Henri Alfiandi.

Menhub melakukan pelantikan di ruang Mataram Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (4/2). Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seluruh yang hadir dilakukan tes swab secara ketat.

“Saya secara pribadi dan secara organisasi memberikan apresiasi yang tinggi dan bangga kepada Pak Bagus yang sudah memberikan dedikasi pada organisasi, di mana tugas-tugas berat yang diemban oleh Basarnas sudah dilakukan dengan baik,” kata Budi Karya dalam sambutannya.

Disampaikan BKS, Basarnas dibantu dengan beberapa stakeholder lain seperti TNI dan Polri. Budi mengatakan selama ini Basarnas mendapat atensi dan apresiasi tinggi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penanganan-penanganan bencana yang terjadi di Indonesia.

“Tugas ini bukan hanya Basarnas sendiri, tetapi Basarnas harus mengkoordinasikan stakeholder baik itu TNI Polri maupun semua unsur masyarakat. Apa yang dilakukan memberikan suatu hasil yang baik dan mendapatkan apresiasi sampai Pak Presiden juga memberi apresiasi,” katanya.

“Saya pikir hasil kerja yang bagus menjadi modal, bukan hanya bagi Basarnas tapi juga bagi bangsa Indonesia bahwa kerja keras itu tanpa pamrih dengan bangga tanpa harus minta pujian orang lain. Itu sudah diberikan Pak Bagus pada institusi Basarnas dan stakeholder lainnya,” urai BKS lagi.

Ia juga mengatakan, banyak tantangan ke depan yang akan dihadapi oleh Basarnas. Hal itu mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memungkinkan rentan terjadi bencana.

“Perlu diingat Indonesia ini penuh tantangan, kita di atas ring of fire. Kita negara kepulauan, sehingga kemungkinan-kemungkinan adanya bencana kecelakaan itu ada walau kita tidak ingin itu terjadi. Oleh karenanya saya berharap apa yang sudah dilakukan Pak Bagus insya Allah bisa dilakukan Pak Henri,” harap BKS.

Dibutuhkan dukungan kepada Basarnas salah satunya dengan memberikan sarana dan prasarana yang baik. Sebab tugas Basarnas ke depan kata Budi bukan merupakan hal yang mudah di tengah situasi yang ada saat ini.

(*)

Share :

Baca Juga

Kebakaran kantor Kejaksaan Agung. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Belum Tetapkan Tersangka Kasus Kebakaran Kejagung
Foto/Ist

NASIONAL

Penyelenggaraan Umrah Tunggu Dibukanya Penerbangan dan Protokol Kesehatan
Sejumlah Polisi memberhentikan pengendara motor saat Operasi Zebra Jaya 2019 di Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (28/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

NASIONAL

Operasi Zebra Dimulai, 5 Jenis Pelanggaran Ini Jadi Prioritas
Ilustrasi Liga 1. Foto/Detik

NASIONAL

Polri Tak Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Bergulir
Realisasi pembangunan lintas bawah atau Underpass Senen Extension saat ini sudah mencapai 87 persen. . Foto/Media Indonesia

NASIONAL

November 2020, Uji Coba Underpass Senen Extension Dimulai
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) dan Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris (kanan) mengikuti rapat kerja dengan DPR RI. Foto/Antara

NASIONAL

Vaksinasi Covid Masih Tunggu Izin dari BPOM
Ilustrasi PSBB total Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Sepekan PSBB DKI Tahap Kedua, Covid Naik 6.960 Kasus
Foto: Istimewa

NASIONAL

Realisasi Kebijakan Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Tepat