Home / NASIONAL

Sabtu, 9 Januari 2021 - 18:55 WIB

Hilang Kontak SJ182, Temuan Puing di Pulau Laki

Maskapai Sriwijaya Air. Foto/Antara

Maskapai Sriwijaya Air. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pesawat komersial Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak, pada Sabtu (9/1).

Manager of Branch Communication PT Angkasa Pura II Haerul Anwar membenarkan hilang kontak pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

“Konfirmasi hilang kontak. Kejadian sekitar jam 14 kurang dan saat ini masih diseldiki,” katanya saat dikonfirmasi.

Dikutip dari flightradar24, pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak itu bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pukul 14.36 WIB.

Sementara estimasi kedatangannya dijadwalkan pukul 15.15 WIB.

Sejumlah puing ditemukan di Pulau Laki

Sejumlah aparat kepolisian sektor Pulau Laki, Kepulauan Seribu bersama warga menjaring sejumlah puing-puing aluminium dan gulungan kabel di perairan Pulau Laki, Sabtu (9/1) petang.

“Kami temukan sejumlah gulungan kabel, potongan celana jeans, dan logam-logam aluminium di perairan,” ujar personel Babinkamtibmas Pulau Laki, Zulkifli dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (9/1) petang.

Warga Pulau Laki beramai-ramai terjun ke perairan Pulau Laki seiring kabar hilang kontak Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada siang ini.

Sementara itu, Surachman, warga Kasie Kecamatan Kep. Seribu Selatan mengaku mendapat laporan dari warga yang mendengar dua kali ledakan dari tengah laut.

“Awalnya saya ada laporan dari nelayan, dua kapal mereka melihat ada ledakan dari laut dua kali saat itu masih hujan. Mereka melihat sedikit pesawat dan memutuskan pulang jam 2. Kemudian mereka lapor jam 4, lalu langsung koordinasi dengan pemadam kebakaran dan meminta meluncur ke lokasi.”

Surachman bersama warga kemudian mencoba mendekati lokasi kejadian dan menemukan sejumlah benda termasuk potongan badan pesawat.

“Sekarang ada bukti ada potongan pesawat dan potongan kabel sekarang ada tiga kapal yang sedang sisir, dan ketemu lagi kabel-kabelnya. Basarnas sedang meluncur, dari Polres juga,” tutur Surachman.

Surachman menjelaskan lokasi kejadian 15 menit dari Pulau Lancang dan 10 menit jika dari Pulau Laki. Saat ini kondisi perairan di tempat kejadian peristiwa terbilang teduh.

“Saat ini saya masih di lokasi kejadian di tengah laut kami mencari bukti menggunakan jangkar, kalau sudah dapat kami angkut,” katanya.

“Serpihan yang ditemukan ada kabel, kantong, jok sama ada rambut, celana jeans. Saat ini kami sedang menunggu basarnas yang dalam perjalanan ke sini.

Basarnas Banten dikerahkan

Basarnas Banten ikut dikerahkan ke perairan Kepulauan Seribu menyusul kabar hilang kontak Pesawat Sriwijaya Air SJY 182, Sabtu (9/1). Pesawat tersebut hilang kontak di ruang udara di atas perairan Kepulauan Seribu.

“Jika memungkinkan, malam ini mereka berangkat menuju lokasi kejadian, jika cuaca tidak mendukung, maka akan berangkat esok,” ujar Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, melalui selulernya, Sabtu (9/1).

Basarnas Banten akan berangkat melalui jalur laut, sembari memantau kondisi di perairan Selat Sunda menggunakan Rigid Infkatable Boat (RIB).

“Kita kerahkan RIB yang 10,5 itu. Karena kapasitas RIB terbatas, kita turunkan enam personel dulu,” terangnya.

Sampai di Kepulauan Seribu, mereka berkoordinasi dengan Basarnas Jakarta dan akan mendapatkan perintah lanjutan untuk lokasi pencarian dan penyelamatan para korban.

“Yang jelas pengendalian operasi dari Basarnas Jakarta, kita ke lokasi dan koordinasi, kita ikut arahan dari sana,” jelasnya.

Hilangnya kontak Sriwijaya Air saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Vaksin Sputnik V produksi Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology Rusia. Foto/AFP

NASIONAL

1,2 Juta Dosis Vaksin Tiba di RI, Sisanya Datang Januari 2021
Siluet penumpang berjalan di koridor bandara. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Hapus Jatah Cuti Bersama Idul Fitri Akhir Tahun
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Foto/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

NASIONAL

Peluang Ada Tersangka Baru Kasus Bentrok Polisi-FPI
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolda Singgung Ada Ormas yang Merobek Kebinekaan
Fasilitas olahraga di DKI. Foto/Ist

NASIONAL

PSBB DKI, Dispora Tutup Sementara Fasilitas Olahraga
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Bisa Panggil Paksa Panitia Pernikahan Anak Rizieq
Ilustrasi sekolah. Foto: Pikiran Rakyat

NASIONAL

Buka Sekolah di Zona Merah Tak Tepat
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Ancaman Pidana Bagi yang Hilangkan Dokumen Kasus Bansos Covid