Home / NASIONAL

Jumat, 15 Januari 2021 - 20:24 WIB

Ilham Saputra Jadi Plt Ketua KPU

Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto/Antara

Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua KPU RI usai Arief Budiman dicopot dari jabatan karena terbukti melakukan pelanggaran etik.

Ilham ditunjuk lewat rapat pleno di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (15/1). Ia akan memimpin KPU RI untuk sementara per hari ini.

“Menunjuk Plt. Ketua KPU, yaitu Ilham Saputra secara aklamasi,” kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (15/1).

Dewa mengatakan, rapat pleno penunjukkan Ilham dihadiri oleh enam dari tujuh komisioner KPU RI. Hanya Viryan Aziz yang tidak hadir karena sedang sakit.

Tugas pertama Ilham adalah melaksanakan putusan DKPP terkait pencopotan Arief. Ia harus melaporkan hasil rapat pleno ke DKPP dalam tujuh hari setelah putusan dibacakan.

Dalam kesempatan itu, KPU RI meminta jajaran di daerah tidak terpengaruh. KPU RI meminta KPU di seluruh daerah tetap menjalankan tugasnya.

“Sehubungan dengan putusan tersebut, KPU meminta kepada seluruh jajaran, baik KPU provinsi maupun KPU kabupaten/kota untuk tetap menjalankan tugas dan fungsinya di tempat kerja masing-masing sebagaimana mestinya sesuai ketentuan UU yang berlaku,” ucap Dewa.

Sebelumnya, Arief Budiman dicopot dari jabatannya oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik. DKPP memutus Arief bersalah karena mendampingi Evi Novida Ginting Manik mengajukan gugatan terkait pemecatan sebagai komisioner KPU ke PTUN Jakarta.

DKPP menyebut kehadiran Arief mengesankan perlawanan KPU terhadap putusan DKPP yang memecat Evi dari jabatan komisioner KPU.

Arief sendiri menegaskan dirinya tak pernah melakukan pelanggaran yang mencederai integritas pemilu. Ia belum menyampaikan tindak lanjut atas putusan DKPP tersebut.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Pekerja membersihkan kaca gedung berlogo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Selasa (24/5). Foto: Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

Vonis Seumur Hidup Eks Dirkeu Jiwasraya Jadi 20 Tahun Bui
Ilustrasi kondisi Lapas. Foto/Antara

NASIONAL

Kemenkumham Akan Deportasi WN Inggris Terduga Teroris
Ilustrasi tsunami. Foto/Ist

NASIONAL

Dua Potensi Besar Pemicu Tsunami di Selatan Jawa
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Ada 3 Syarat Jika Perusahaan Ingin Vaksinasi Mandiri
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Ist

NASIONAL

Jokowi Harap Vaksin Merah Putih Segera Atasi Covid
Ilustrasi, Sungai Kawsasan Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG Sebut Potensi Banjir di Awal 2021
Ilustrasi bulan Desember. Foto/Ist

NASIONAL

Jadwal Lengkap Cuti Bersama Desember 2020
Sejumlah buruh dari berbagai daerah melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Raya Rancaekek, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis 22 Oktober 2020. Selasa 27 Oktober 2020, buruh berencana demo kembali mengenai UMP 2021 Jawa Barat. Foto: Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

NASIONAL

Sikapi Upah Minimum 2021, KSPI Berencana Demo di 24 Provinsi