Home / KESEHATAN / KULINER

Kamis, 1 Oktober 2020 - 13:20 WIB

7 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Bawang putih. Ist

Bawang putih. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kemunculan virus corona (Covid-19) pada 2019 lalu mengkhawatirkan warga di seluruh dunia. Mereka pun berlomba-lomba untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar tak mudah terserang Covid-19.

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti di era pandemi sekarang ini. Kabar baiknya, makanan penambah imunitas bisa ditemui di dalam rumah. Apa saja?

1. Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Bayam

Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.

3. Bawang putih

Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Kunyit

Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Buah-buahan

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

6. Makanan laut (Seafood)

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari beragam jenis makanan di atas.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, cara meningkatkan kekebalan tubuh juga perlu dilakukan dengan banyak minum air putih, serta menjauhi konsumsi minuman beralkohol, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, dan makanan yang banyak mengandung kolesterol.

(heq/alo/dok)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi mimpi buruk.

KESEHATAN

Waspada, Stres Bisa Picu Anxiety Dreams
Ilustrasi pintu toilet. Foto/Istimewa

KESEHATAN

Jangan Terlalu Lama di Toilet, Rentan Tertular Penyakit
Ilustrasi gula. Foto/New York Post

KESEHATAN

5 Efek Buruk Jika Konsumsi Gula Terlalu Banyak
Ilustrasi orang menggunakan masker. Foto/Ist

KESEHATAN

Cegah Happy Hypoxia Terapkan Protokol Kesehatan
Ilustrasi turunkan berat badan. Ist

KESEHATAN

Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Kismis. Ist

KESEHATAN

5 Manfaat Konsumsi Kismis yang Tak Boleh Diremehkan
dr Reisa Broto Asmoro. Foto/Setpres

KESEHATAN

Satu Kali Suntik Vaksin Covid Tak Bisa Kebal 100 Persen
Ilustrasi--Jalan kaki. Foto/Hello Sehat

KESEHATAN

4 Efek Buruk Bila Malas Berjalan Kaki