Home / GLOBAL

Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:45 WIB

Indonesia-Inggris Bahas Soal Kerja Sama Vaksin Covid

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja dengan mitranya di Inggris, Menlu Dominic Raab.  Foto/Ist

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja dengan mitranya di Inggris, Menlu Dominic Raab. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja dengan mitranya di Inggris, Menlu Dominic Raab. Kunjungan kerja itu merupakan pertemuan langsung pertama, setelah keduanya bertemu secara virtual dalam pertemuan para Menlu ASEAN dengan Menlu Inggris pada September lalu.

“Menlu Inggris bertemu dengan Menlu Retno Marsudi membahas kerja sama internasional untuk menemukan vaksin Covid-19, penguatan hubungan bilateral antara Kerajaan Inggris Raya dan Indonesia, penanggulangan perubahan iklim, dan upaya Kerajaan Inggris Raya untuk menjadi mitra dialog dengan ASEAN,” kata pernyataan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Inggris dalam keterangannya, Kamis (15/10).

Menurut Retno, mengatakan kedua negara terus memperkuat kerja sama pengelolaan Covid-19. Dalam pertemuan bilateral, kedua menlu sepakat untuk mempererat kerja sama baik secara bilateral maupun dalam konteks multilateral.

“Semangat kerja sama penting untuk terus diperkuat di tengah tantangan besar yang dihadapi negara dunia terutama di masa pandemi ini,” ujar Retno.

Sebagai sesama negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kedua negara sepakat untuk terus mengarusutamakan multilateralalisme dan juga sepakat memperkuat kerja sama pengelolaan Covid-19. Inggris menyampaikan komitmen satu juta poundsterling bagi ASEAN and Covid-19 response fund.

Retno mengatakan secara bilateral Indonesia dan Inggris juga telah menandatangani MoU mengenai kemitraan riset dan inovasi pada Agustus lalu, serta MoU dan rencana aksi mengenai anti mikroba resisten pada Juni lalu.

“Di tren multilateral kita memiliki komitmen yang sama untuk mendukung platform kerja sama multilateral seperti WHO, GAVI, dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations, dalam kerangka COVAC Facilities terutama terkait akses setara terhadap vaksin yang aman dan terjangkau,” ujar Retno.

Retno juga menyampaikan informasi kepada Raab soal berbagai pertemuan yang dilakukan Indonesia selama berada di London.

Antara lain dengan AstraZeneca, Imperial College London (ICL), dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) yang membahas antara lain mengenai kerja sama vaksin.

(kem/lu)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

GLOBAL

Inggris Hargai Vaksin Corona di Bawah Rp175 Ribu
Ilustrasi Korea Selatan. Foto/AFP

GLOBAL

Korsel Sahkan RUU Larangan Propaganda ke Korut
Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memutuskan menyematkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di UEA
Iran. Foto/AFP

GLOBAL

Iran Sambut Baik PBB Perintahkan AS Cabut Sanksi ke Teheran
Ilustrasi rute pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jakarta-Pontianak yang jatuh di atas Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Ilustrasi/Pixabay

GLOBAL

Media Asing Soroti Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182
Foto: Istimewa

GLOBAL

Barrack Obama hingga Bill Gates Jadi Korban Peretasan Akun Twitter
Satgas TNI Konga XXXIX-B/RDB Monusco. Foto/TNI

GLOBAL

Satgas TNI di Kongo Berhasil Bujuk 43 Milisi Beserta 32 Senjata
Ilustrasi jasad. Foto/Ist

GLOBAL

Jasad Wanita WNI Dalam Koper di Arab Saudi, Dubes: Ya Benar