Home / NASIONAL

Jumat, 19 Februari 2021 - 22:07 WIB

Industri 4.0 Buat Perang Meluas ke Dunia Siber

Ilustrasi--Perang siber. Foto/Istimewa

Ilustrasi--Perang siber. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Wakil Menteri Pertahanan RI Herindra menyatakan kementeriannya tengah membangun sistem pertahanan siber untuk menjawab pelbagai tantangan teknologi informasi yang berkembang, termasuk di bidang militer.

Menurut dia, dimensi pertempuran kini telah merambah ke ruang-ruang siber. karena itu pula Herindra menilai sudah waktunya sistem pertahanan militer Indonesia pun diperluas.

“Kemhan sebagai leading sector pertahanan terus melakukan upaya pembangunan sistem pertahanan siber yang solid guna menjawab tantangan disrupsi teknologi,” kata Herindra dalam keterangan resmi, Kamis (18/2).

Meski tak menjelaskan detail bentuk serangan, Herindra menuturkan, Revolusi Industri 4.0 yang kini terjadi di Indonesia membuat tantangan teknologi digital kian masif. Terlebih kata dia, teknologi digital sudah masuk ke pelbagai ranah kehidupan masyarakat, termasuk bidang pertahanan.

“Revolusi industri 4.0 telah memperluas dimensi pertempuran, yang terdiri dari dimensi darat, laut, dan udara ke dimensi ruang angkasa dan ruang siber (Network Centric Warfare),” ungkap Herindra.

Kendati begitu, dia tak merincikan detail pembangunan sistem pertahanan siber yang dimaksud. Herindra hanya menjanjikan Kementerian Pertahanan bakal terus menyesuaikan sistem pertahanan nasional dengan era digitalisasi.

Kementeriannya, lanjut Herindra, juga bakal fokus meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) siber untuk menghadapi tantangan yang ada.

“Untuk itu seluruh stakeholder dapat memberikan masukan dan sumbangsih berarti bagi kemajuan teknologi dan kemandirian industri pertahanan nasional,” kata dia.

Herindra pun menegaskan visi pemerintah pada 2020 hingga 2024 adalah terwujudnya Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong. Itu sebab demi mewujudkannya, Herindra memastikan pemerintah bakal memberikan rasa aman dan melindungi seluruh warga.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Material kayu dan lumpur akibat banjir bandang di Gunung Mas, Puncak, Bogor. Foto/istimewa/WA Group Relawan Bogor

NASIONAL

Intensitas Hujan Picu Banjir Bandang Puncak Bogor
Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran
Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Ungkap 104 Kasus Hoaks Terkait Covid
Ilustrasi demo tolak Omnibus Law Cipta Kerja. Ist

NASIONAL

UU Cipta Kerja Disahkan, Sejumlah Poin Jadi Sorotan
Joko S Tjandra (oranye). Foto/MI

NASIONAL

Kasus Suap red Notice, Djoko Tjandra Dituntut 4 Tahun Penjara
Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

NASIONAL

Aturan PPKM Mikro: Mal Tutup 21.00, Restoran 50 Persen
Vaksin Covid-19 produksi Bio Farma. Foto/Istimewa

NASIONAL

Vaksin Tak Jamin Atasi Varian Corona B117
Presiden RI Joko Widodo. BPMI/Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi Suntik Vaksin di Istana Pagi Ini