Home / NASIONAL

Rabu, 16 September 2020 - 10:53 WIB

Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair? Ini Sebabnya

JAKARTA, BERITANUSA.id – Dana insentif Kartu Prakerja sudah mulai dicairkan para peserta. Namun, sebagian peserta Kartu Prakerja lain belum menerima insentifnya hingga saat ini.

Direktur Eksekutif PMO Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, ada beberapa penyebab insentif gagal cair. Di antara penyebab itu adalah data NIK yang tidak masuk data Dukcapil serta nomor telepon pribadi yang sudah tak aktif.

“Kenapa bisa terjadi? Pertama akun sudah tak aktif, kedua NIK-nya itu berbeda, ketiga NIK-nya tidak ditemukan di Dukcapil. Bahkan itu dia pakai akun temannya dan sebagainya. Lalu nomor telepon ganti, itu juga nggak bisa, harus sama ketika dia mendaftar,” ujar Denni di Jakarta, Selasa (15/9).

Selain itu, kata Denni, penyebab lain adalah nomor rekening yang sudah tak aktif atau menggunakan nomor rekening orang lain. Persoalan upgrade e-wallet pun bisa menghambat, pasalnya insentif Kartu Prakerja ini selain disalurkan melalui BNI, juga e-wallet seperti Gopay, OVO dan LinkAja.

“Sebanyak 78 persen pilihan penerima Prakerja untuk menyalurkan insentif-nya itu lewat e-money, bukan rekening bank. Ketika e-money maka ini harus melalui proses pentautan rekening dan e-KYC. Nah ini yang kami berusaha terus meningkatkan literasi digital keuangan dari penerima, supaya persoalan NIK, nomor telepon, link, unlink itu bisa diselesaikan,” papar dia.

Meski begitu, menurutnya dari proses pencairan insentif peserta, PMO mencatat hanya 0,5 persen yang mengalami persoalan hingga gagal cair.

“Kalau ada keterlambatan, yang kami lihat itu kurang dari 0,5 persen dari penerima Kartu Prakerja,” imbuh dia.

Terakhir, dia meminta semua penerima insentif Kartu Prakerja untuk menunggu, karena pencairan dilakukan secara bertahap dan tak bisa dirapel. Para penerima insentif juga diminta untuk memastikan keakuratan data NIK, dan memastikan nomor telepon serta rekening aktif.

“Katakanlah kita tidak ada persoalan teknis. Tapi ganti nomor telepon, rekening tidak aktif itu akan memperlambat insentif diterima,” pungkas dia. (heq/det)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Wilayah Mamuju
Bus Transjakarta. Ist

NASIONAL

Transjakarta Modifikasi Rute di Kawasan Bank Indonesia
Arus kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek. Foto/MI

NASIONAL

Rest Area Km 52B Tol Jakarta-Cikampek Ditutup
Ilustrasi vaksin Covid. Foto/Ist

NASIONAL

Bio Farma Akan Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Corona
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/Ist

NASIONAL

Puan Maharani Pastikan Anggota DPR Tetap Produktif
Terdakwa Benny Tjokro. Foto/MI

NASIONAL

131 Sertifikat HGB Tersangka Korupsi Asabri Disita
Gunung Merapi. Foto/Ist

NASIONAL

Merapi dan Sinabung Siaga, Anak Krakatau-Semeru Waspada
Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Polda Metro Tilang 800 Pelanggar Per Hari dari e-TLE