Home / NASIONAL

Kamis, 21 Januari 2021 - 10:46 WIB

Istana Ungkap Alasan Tunjuk Listyo Sigit Jadi Kapolri

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/Antara

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden RI Joko Widodo memilih Komjen Pol Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri ke-25 dengan banyak pertimbangan. Di antaranya tentu dengan melihat kapasitas, kapabilitas, loyalitas, integritas serta faktor lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Ia mengatakan Komjen Pol Listyo Sigit memenuhi kriteria Kapolri.

“Tentu ada kriterianya. Kan semua ada kriteria. Kapasitas, kapabilitas, loyalitas, integritas itu bagian dari semua itulah. Jadi semua agregat dari indikator yang dikenali dari awal itu memuculkan sebuah agregat. Dan agregat itu seseorang akan dipilih,” jelas Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Rabu (21/1).

Ia juga menegaskan, tak ada motif terselubung terkait penunjukkan Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri. Penunjukan itu didasarkan pada kemampuan yang dimiliki Kabareskrim Polri itu.

“Jadi bukan karena macam-macam. Jangan diartikan macam-macam. Tapi seorang pimpinan puncak itu memiliki tanggung jawab yang luar biasa. Kalau dia memiliki tanggung jawab yang luar biasa maka mereka juga harus mempunyai kemampuan yang luar biasa. Itu berkaitan dengan capability seseorang. Kapasitas dia dalam mengadopsi berbagai persoalan, dia sudah terbukti,” ujarnya.

“Berikutnya lagi loyalty. Seorang pemimpin harus punya loyalty kepada negara. Itu pasti. Enggak bisa ditawar itu. Integritas satunya kata dengan perbuatan, itu juga yang selalu dilihat,” sambung Moeldoko.

(pmj/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Maybank. Foto/Ist

NASIONAL

Polisi Akan Panggil OJK-PPATK Telusuri Saldo Raib di Maybank
Sebanyak 69 motor dari peserta aksi massa menolak UU Cipta Kerja, Selasa (13/10) lalu diamankan Polda Metro Jaya. Foto/Detik

NASIONAL

69 Motor Pengunjuk Rasa Diamakan Polda Metro Jaya
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Transaksi Keuangan Calon Kapolri Listyo Sigit Bersih
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Bobby Nasution (kanan). Foto/Ist

NASIONAL

Pilkada 2020: Gibran Menang Telak di Solo, Bobby di Medan
Petugas gabungan melakukan Operasi Yustisi Protokol Covid-19 di perbatasan Kota Bekasi dan Jakarta di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur. Foto/Media Indonesia/Vicky Gustiawan

NASIONAL

Denda Operasi Yustisi di DKI Capai Rp778,6 Juta
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

182 Juta Warga Suntik Vaksin Mulai Januari 2021
Ilustrasi belajar online. Foto/Detik

NASIONAL

Program Kuota Gratis Kemendikbud Pembohongan Publik
Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Polisi Ultimatum Bakal Jemput Paksa Rizieq Shihab