Home / NASIONAL

Jumat, 18 September 2020 - 16:32 WIB

Jadi Klaster Covid Terbanyak, Istana Minta Kemenkes Diaudit

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan menyarankan agar ada audit klaster perkantoran, termasuk Kementerian Kesehatan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya mengunggah data yang menunjukkan Kementerian Kesehatan sebagai salah satu kantor dengan kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19) paling tinggi di Jakarta. Sebanyak 252 kasus tercatat di Kemenkes per Jumat (18/9).

“Segera perlu dibentuk tim kecil ahli untuk audit cluster perkantoran (Audit Environment safety),” kata Dany, Jumat (18/9).

Dany menerangkan bahwa audit keamanan lingkungan nantinya bisa melihat sejauh mana tempat tersebut relevan menerapkan protokol kesehatan. Hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi untuk diterapkan di keadaan selanjutnya.

“Untuk melihat zonasi ruang, ventilasi, kapasitas dan utilisasi ruangan serta konsistensi penerapan protokol kesehatannya,” jelas dia.

“Ini perlu baik di Kemenkes ataupun di perkantoran lainnya, agar regulasi baik infrastruktur inti maupun penunjang dapat lebih tepat dan konsisten di lapangan,” lanjut dia.

Untuk jangka pendek, Istana mengimbau agar kantor tersebut dilakukan sterilisasi. Kemudian memastikan setiap sistem udara di kantor tidak menjadi sumber penyebaran Covid-19.

“Solusi yang urgent saat ini lakukan sterilisasi penyemprotan dan memastikan sumber-sumber ventilasi seperti AC, jendela, exhaust aman,” beber dia.

Langkah ini, kata Dany, perlu dilakukan oleh kantor pemerintah sebagai contoh untuk kantor swasta lainnya. Mengingat kluster perkantoran adalah kluster yang disoroti beberapa waktu terakhir karena penyebaran yang massal.

“Kantor pemerintah harus menjadi pionir dalam pelaksanaan audit environment safety agar menjadi pantutan atau role model bagi kegiatan perkantoran pada umumnya untuk mencegah cluster perkantoran lebih luas lagi,” tutup dia.

Sebelumnya, per Jumat (18/9), terdapat 252 kasus corona yang tercatat di klaster perkantoran di Kementerian Kesehatan berdasarkan data dari situs https://covid.jakarta.go.id. Kementerian Kesehatan menduduki posisi pertama di Jumlah menjadikannya klaster terbesar di DKI Jakarta.

Selain Kemenkes, ada Kemenhub dengan 175 kasus covid, dan KPK di urutan ketiga dengan 106 kasus baru positif corona. (cnn/idn)

Sumber: CNN Indonesia

Share :

Baca Juga

Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto/MI

NASIONAL

Ketua MPR Dukung Pemerintah dan Kapolri Berantas Mafia Tanah
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

NASIONAL

Siap-siap, RI Mulai Vaksinasi Pertengahan Januari 2021
Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Pastikan Kasus Pelanggaran Prokes Rizieq Segera Tuntas
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di salah satu ruangan kantor wilayah Jakarta. Foto/Antara/Rivan Awal

NASIONAL

Lurah Petamburan Terpapar Covid, Kantor Tutup hingga Jumat
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa. Foto: Istimewa

NASIONAL

UU Pilkada Harus Ramah bagi Calon Pemimpin Potensial
Ilustrasi--Air laut pasang. Foto/NGI

NASIONAL

Air Laut Pasang Manado Bukan Tsunami
Gubernur Anies Baswedan. Foto/MI

NASIONAL

Anies Belum Putuskan Rencana Sekolah Tatap Muka Awal 2021
Foto: Polda Metro Jaya

NASIONAL

Pakai Narkoba, Catherine Wilson: Saya Minta Maaf kepada Masyarakat