Home / NASIONAL

Senin, 18 Januari 2021 - 23:06 WIB

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia

Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Provinsi DKI Jakarta keluar dari daftar 10 besar kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index. Berdasarkan temuan tersebut, kini Jakarta berada di posisi ke-31 dari 416 kota yang diukur lembaga tersebut.

Temuan itu diunggah oleh akun resmi Pemprov DKI di Instagram, @dkijakarta, Minggu (17/1). Sampai dengan hari ini, unggahan tersebut disukai lebih dari 8 ribu pengguna.

“Menurut TomTom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini Jakarta berada di posisi ke-31 dari total 416 kota lain, yang berarti kemacetan semakin berkurang,” tulis akun @dkijakarta, dikutip Senin (18/1).

Berdasarkan data TomTom Traffic Index, sejak 2017-2020, tingkat kemacetan Jakarta terus membaik. Pada tahun 2017, Jakarta berada di posisi ke 4 kota termacet di dunia dengan tingkat kemacetan 61 persen.

Setahun berselang, posisi Jakarta dalam daftar tersebut membaik. Tercatat, Jakarta turun ke posisi 7 dengan tingkat kemacetan 53 persen pada 2018.

Kemudian, tahun 2019 posisi Jakarta kembali membaik dengan turun ke posisi 10. Saat itu, TomTom Traffic Index mencatat tingkat kemacetan di Jakarta sebesar 53 persen.

Posisi Jakarta di peringkat tersebut kian membaik pada 2020. Jakarta keluar dari posisi 10 besar dan menempati posisi ke 31 dengan tingkat kemacetan 36 persen, artinya tingkat kemacetan di Jakarta berkurang 17 persen di tahun tersebut.

Sepanjang 2020, tingkat kemacetan Jakarta terendah terjadi pada April 2020 sebesar 11 persen. Sementara tingkat kemacetan tertinggi terjadi pada Februari sebesar 61 persen.

April diketahui menjadi bulan ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama kali.

Kala itu, sejumlah pembatasan dilakukan mulai dari menerapkan bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) dan pembatasan jam operasional tempat-tempat umum.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Gedung perkantoran di DKI Jakarta. Foto/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

NASIONAL

PSBB Transisi DKI Kembali Diperpanjang hingga 21 Desember
Ilustrasi tol macet. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Rizieq Shihab Pulang, Tol Bandara Soetta Lumpuh Total
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya. Foto : DPR RI/Jaka

NASIONAL

DPR Terima Berkas Notulensi Pembahasan RUU Cipta Kerja
Penyidik KPK memperlihatkan sejumlah barang mewah yang dikorupsi oleh Edhy Prabowo. Foto/Ist

NASIONAL

Barang Bukti Kasus Menteri Edhy: Tas LV hingga Jam Rolex
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi Suntik Vaksin Covid Lagi Besok
Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

NASIONAL

Jurnalis dan Anggota Pers Mahasiswa Dilaporkan Hilang saat Liput Demo Omnibus Law
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG Sebut Puncak Musim Hujan di Akhir Maret 2021

NASIONAL

Polisi Tangkap Penyebar Video Asusila di Medsos di Jakarta Barat