Home / NASIONAL

Senin, 8 Februari 2021 - 13:54 WIB

Jaksa Agung Janji Tegakkan Hukum Usut Korupsi Asabri

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin. Foto/Ist

Jaksa Agung RI ST Burhanuddin. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menegaskan jajarannya akan tegak lurus menjalankan aturan perundang-undangan dalam mengusut dugaan keterlibatan tersangka kasus dugaan korupsi PT Asabri Benny Tjokrosaputra dan Heru Hidayat serta tersangka lainnya.

“Siapapun (tersangka yang terlibat), ada yang kuat, tidak ada orang kuat, yang backup Benny Cokro, kita sikat,” jelas Burhannudin dalam sebuah wawancara melalui akun YouTube, Sabtu (6/2).

“Insya Allah, saya menjalankan peraturan perundangan, ngga ada lah, kuat ngga kuat, kami aman aman saja. Pelaksanaan tugas baik baik aja kok selama ini. Insya Allah tidak ada masalah,” sambungnya.

Burhanuddin juga memastikan jumlah tersangka kasus Asabri akan terus bertambah. Saat ini, Kejagung menyasar pihak-pihak yang menyembunyikan harta para pelaku di dalam maupun di luar negeri.

“Insya Allah pasti bertambah, saya pastikan itu, tidak akan berhenti di sini. Terutama yang berusaha menyembunyikan harta para pelaku, mau saya sasar kemanapun, saya sikat, biar siapapun,” tuturnya.

Menurut Burhanuddin, Benny Tjokro dan Heru Hidayat sebagai otak dan pelaku utama dalam kasus korupsi Asabri. Begitu juga keberadaan mereka saat menjadi tersangka dalam kasus korupsi Jiwasraya.

Modus keduanya dalam mengeruk uang negara, lanjut dia, tidak jauh berbeda dalam menjalani aksinya. Keduanya dikenal sebagai orang kuat sebagai pemain saham.

Burhanuddin mengaku mendapat apresiasi dari para pemain saham, karena berani mencokok keduanya. Ia mengaku pasca penangkapan mereka, kondisi saham sudah begitu normal dan kepercayaan masyarakat kepada saham semakin tinggi.

“Semua pemain saham pasti kenal mereka, tidak ada yang tidak kenal, udah jagoannya di situ. Begitu kita lakukan tindakan kepada keduanya, mereka kaget, hebat, Berani ya. Itu yang pertama saya dapat dari pemain saham,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penyidikan Asabri tidak hanya fokus pada pemidanaan. Tapi juga mengutamakan upaya pengembalian aset milik rakyat Indonesia. Pihaknya telah memetakan dan berkoordinasi dengan PPATK guna menelusuri aset tersebut.

Burhanuddin juga mengatakan dalam penyelidikan kasus korupsi Asabri mendapat dukungan dari Kementerian Pertahanan dan Panglima TNI. Kedua institusi mendukung agar seluruh pelaku diungkap dan asset berhasil dikembalikan.

“Biar bagaimanapun ada duit prajurit, kita dapat support dari Kementerian dan panglima untuk selesaikan kasus ini,” tukasnya.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan beserta jajarannya berikan penghargaan untuk satpam dan stakeholder terkait di Mako Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar. Foto/dok Polri

NASIONAL

Polri Berikan Penghargaan untuk Satpam Berprestasi di Makassar
Brigadir Jenderal Mathius D. Fakhiri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Pernah Diserang KKB, Brigjen Mathius Jadi Kapolda Papua Baru
Aksi petani tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja di Gedung DPR RI, Jakarta (16/7/2020). Foto/Konsorsium Pembaruan Agraria

NASIONAL

Kemenko Polhukam Akui Banyak Konflik Agraria Selama 2020
Kapolri Idham Azis dan anglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Ist

NASIONAL

HUT Ke-75 TNI, Kapolri: Semoga Semakin Kuat Demi Melindungi Kedaulatan Bangsa
Ilustrasi gempa bumi. Ist

NASIONAL

Belum Ada Metodologi Prediksi Waktu Gempa Bumi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

NASIONAL

Ma’ruf Amin: Selain Tanah, Uang hingga Emas Bisa Diwakafkan
Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang didampingi Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, Kabid Propam Polda Maluku, Kombes Pol, Muhamad Syaripudin, Danpomdam XVI Pattimura, Kolonel Cpm Paul Jhohanes Pelupessy saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Kantor Polresta Pulau Ambon, Selasa (23/2/2021). Foto/Kompascom

NASIONAL

Hasil Jual Senpi ke KKB Papua Diduga untuk Beli Narkoba
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Merapi Siaga, Jumlah Pengungsi Terus Bertambah