Home / KESEHATAN

Jumat, 8 Januari 2021 - 12:08 WIB

Jangan Lakukan Ini Kalau Sedang Relaksasi

Ilustrasi Relaksasi. Foto/Freepik

Ilustrasi Relaksasi. Foto/Freepik

JAKARTA, BERITANUSA.id – Setelah seharian bekerja, relaksasi sejenak tentu sangat dibutuhkan untuk mengembalikan mood dan fokus. Namun, kebanyakan orang justru tetap memikirkan tugas-tugas yang belum dikerjakan saat sedang menenangkan pikiran.

Alih-alih merilekskan diri, pikiran masih tetap berpacu dan tekanan pun tidak hilang. Seperti dilansir dari laman Wellnestoday, Jumat (8/1), berikut beberapa kesalahan saat melakukan relaksasi.

1. Sibuk cek ponsel

Notifikasi di Facebook, Twitter, hingga Instagram membuat Anda sibuk mengecek? Pantas saja masih tidak bisa tenang. Kalau ingin “mematikan” otak untuk sejenak, matikan pula ponsel Anda.

Peneliti menemukan bahwa kita setidaknya mengecek ponsel setiap enam menit sekali. Itu artinya gadget telah menghalangi waktu kita untuk rileksasi. Makanya, kalau mau benar-benar istirahat sebentar, enyahkan dulu ponsel dari jangkauan.

2. Tidak menikmati keheningan

Kapan terakhir kali Anda berada dalam suasana hening? Banyak manfaat yang bisa diambil dari suasana hening ini. Nyatanya, keheningan menjadi terapi yang baik dan dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus serta mencapai kreativitas.

3. Membaca buku di ponsel

Sebelum berangkat tidur biasanya kita mencoba bersantai dengan membaca buku. Ini sih sudah betul, tapi baca bukunya dalam bentuk apa? Kalau Anda masih membaca buku lewat layar tablet, sebaiknya pikir ulang kebiasaan ini.

Penelitian menunjukkan cahaya biru (blue light) dari layar monitor dapat mengganggu mata. Sehingga niatan ingin relaksasi sebelum tidur dengan membaca, malah berdampak buruk.

Paparan cahaya biru pada layar gadget bisa mengganggu ritme sirkadian, menyebabkan mata lelah, dan bisa merusak mata. Mulai sekarang bacalah buku secara biasa sehingga Anda betul-betul bebas dari gadget sebelum berangkat tidur.

4. Memaksa pikiran untuk rileks

Tahukah Anda, semakin memaksakan diri untuk bersikap tenang, semakin membuat Anda justru tidak bisa tenang? Daripada mencoba memaksakan diri, lebih baik Anda fokus pada pikiran-pikiran positif.

Meski beberapa di antaranya tidak berdampak pada relaksasi. Yang jelas, melihat hal yang positif dapat membuat otak mengenyahkan stres. Sehingga membuat pikiran fokus pada hal lain yang bisa menyenangkan Anda.

(heq/kes)

Share :

Baca Juga

Larutan air garam. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Khasiat Berkumur dengan Air Garam yang Jarang Diketahui
Warga berolahraga di alun-alun Kota tangerang untuk mendapatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Foto/Antara/Fauzan

KESEHATAN

5 Tanda Imunitas Tubuh Sedang Menurun
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto/Science in HD

KESEHATAN

Vaksin Corona Efektif Kurangi Infeksi pada Lansia
Ilustrasi. Foto/Antara

KESEHATAN

Vitamin D Efektif Lindungi Pasien dari Corona
Ilustrasi--Olahraga lari. Foto/Freepik

KESEHATAN

4 Tips Optimalkan Kesehatan Agar Terhindari Covid-19
Jamu kunyit asam. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Tubuh, Bisa Cegah Corona
Ilustrasi jantung sehat. Foto/Istimewa

KESEHATAN

4 Tips Bikin Jantung Lebih Sehat
Warga menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta. Foto/Antara

KESEHATAN

Besok Pilkada, 4 Hal Penting Saat Datang ke TPS