Home / KESEHATAN

Rabu, 10 Maret 2021 - 08:01 WIB

Jangan Terlalu Lama di Toilet, Rentan Tertular Penyakit

Ilustrasi pintu toilet. Foto/Istimewa

Ilustrasi pintu toilet. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu di toilet sambil membaca koran atau majalah. Bahkan belakangan ini mereka biasa main handphone (ponsel) dan semacamnya.

Melihat lini media sosial saat di toilet mungkin tampak seperti cara yang bagus untuk menghabiskan waktu. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari kebiasaan yang satu ini dapat membuat mereka lebih rentan terhadap tertular penyakit.

Para ahli merekomendasikan bahwa seseorang tidak boleh menghabiskan lebih dari 10 menit di toilet. Ini jumlah waktu yang sehat untuk tinggal di toilet.

Seperti dilansir Times of India, Rabu (10/3), berikut efek buruk dari kebiasaan main ponsel pintar saat berada di toilet.

1. Rentan terhadap penyakit menular

Dari semua tempat di rumah Anda, kamar mandi adalah salah satu tempat paling banyak kuman. Segala sesuatu di kamar mandi Anda termasuk keran, pengering tangan, atau gagang pintu menampung kuman dan bakteri.

Jadi saat Anda membawa ponsel ke sana, ponsel juga bersentuhan dengan bakteri feses. Hal ini dapat terjadi jika Anda menyeka diri Anda sendiri, lalu menekan tombol siram atau kunci pintu, lalu menyentuh ponsel.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials mengungkapkan bahwa 95 persen ponsel petugas kesehatan dipenuhi dengan bakteri penyebab infeksi seperti salmonella, E. Coli dan C. Difficile.

2. Ponsel dipenuhi kuman

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa smartphone membawa bakteri sepuluh kali lebih banyak daripada toiletnya.

Banyak orang mencuci tangan setelah menggunakan toilet, tetapi tidak membersihkan ponselnya. Akibatnya, kuman dan bakteri penyebab penyakit tetap menempel di dalamnya dan dapat dengan mudah menyebabkan infeksi.

Bakteri dan virus yang ada di ponsel Anda bersentuhan dengan berbagai bagian tubuh dan permukaan Anda saat Anda menyimpannya di luar.

3. Picu kecemasan

Teknologi telah membuat hidup kita sangat mudah, tetapi juga menjadi alasan untuk kecemasan dan stres. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin Anda cenderung merasa stres.

Waktu kamar mandi Anda adalah waktu luang Anda dan saat Anda membawa ponsel ke sana, Anda mengundang lebih banyak stres dan kecemasan ke dalam hidup Anda.

Dengan membawa ponsel Anda di kamar mandi, Anda menempatkan otak dan kesehatan Anda dalam bahaya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan buang air besar karena hal ini.

4. Dapat menyebabkan wasir

Ada risiko kesehatan lain menggunakan telepon di kamar mandi: wasir. Orang yang membawa ponsel ke toilet, menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Duduk di toilet dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah wasir. Jongkok terlalu lama membuat anus terlalu tegang, yang dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, atau pendarahan di daerah panggul Anda.

(toi)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi kurang gerak. Foto/Shutterstock

KESEHATAN

Bahaya Terlalu Sering Rebahan, Picu Obesitas hingga Stroke
Ikan tuna. Foto/Antara

KESEHATAN

7 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Ikan Tuna
Ilustrasi turunkan berat badan. Ist

KESEHATAN

Hindari, Kebiasaan yang Bikin Susah Turunkan Berat Badan
Rusia mulai vaksinasi warga. Foto/AFP

KESEHATAN

3 Efek Samping Pertanda Vaksin Covid Bekerja
Ilustrasi turunkan berat badan. Ist

KESEHATAN

Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Pasien tanpa gejala (OTG) covid-19 berada diruang isolasi mandiri di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Foto/MI/Fransisco Carolio

KESEHATAN

6 Hal yang Wajib Dijalani Ketika Isolasi Mandiri di Rumah
Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Bahaya Keseringan Minum Soda