Home / KESEHATAN

Jumat, 5 Februari 2021 - 12:08 WIB

Jeruk Bakar Campur Gula Jadi Terapi Penciuman Covid?

Ilustrasi jeruk. Foto/Istimewa

Ilustrasi jeruk. Foto/Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gejala umum Covid-19 biasanya ditunjukan dengan hilangnya inderan perasa atau penciuman. Bahkan bagi sebagian orang, masalah sensorik ini bisa dialami selama berbulan-bulan.

Sebagai alternatif terapi penyembuhan ini, sejumlah pengguna TikTok menggunakan cara dengan memakan jeruk yang dibakar yang dicampurkan gula merah. Beberapa diantaranya mengaku berhasil dan akhirnya menjadi viral.

Salah satunya video yang viral diunggah dan dibagikan chelsiehill_. Dia mempraktikan cara ini dengan membakar jeruk utuh di kompor, mengupas kulitnya yang sudah hitam, dan memakan buahnya dengan tambahan gula merah.

Menanggapi hal ini, seorang ahli otolaringologi Jay Piccirillo mengatakan tidak ada alasan ilmiah bahwa makan jeruk yang dibakar akan membuat penderita Covid-19 kembali dapat merasakan atau membaui sesuatu.

“Anosmia Covid atau hilangnya penciuman, diyakini disebabkan oleh kerusakan struktur di sekitar saraf yag terkait dengan penciuman,” ungkap Jay Piccirillo seperti dilansir laman Insider, Jumat (5/2).

Piccirillo menambahkan, pelatihan penciuman bagi penderita Covid-19 yang mengalami gejala tersebut bisa dilakukan dengan menghirup bau yang kuat seperti kayu manis, mint, atau jeruk, dan membuat mereka berkonsentrasi pada ingatan akan baunya.

“Kami rasa ini efektif dengan neuroplastisitas, kemampuan otak untuk berubah. Otak kita terus berubah saat kita belajar dan mengalami hal baru. Pada anosmia Covid, dalam beberapa hal, saraf dalam sistem penciuman telah diubah oleh virus,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Piccirillo, terapi penciuman bagi penyitas Covid-19 juga dapat dilakakukan dengan berlatih mencium minyak esensial. Media ini dipercaya dapat memperbaiki saraf yang terkait dengan penciuman.

“Semakin cepat Anda mulai berlatih setelah terinfeksi, semakin besar kemungkinan otak memiliki kemampuan untuk kembali ke keadaan semua,” tukasnya.

(ins)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi minum soda. Foto/Istimewa

KESEHATAN

5 Bahaya Keseringan Minum Soda
Ilustrasi minum teh. Foto/Ist

KESEHATAN

Manfaat Minum Teh, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Imun
Ilustrasi--Olahraga lari. Foto/Freepik

KESEHATAN

4 Tips Optimalkan Kesehatan Agar Terhindari Covid-19

KESEHATAN

Waspada Keringat Berlebih, Bisa Jadi Hiperhidrosis Primer
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

KESEHATAN

Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi jantung sehat. Foto/Istimewa

KESEHATAN

4 Tips Bikin Jantung Lebih Sehat
Beras merah. Ist

KESEHATAN

Selain untuk Diet, Beras Merah Punya Segudang Manfaat Ini
Ilustrasi kopi. Foto/Foodiesz

KESEHATAN

Minum Kopi dan Teh Panas Dianjurkan Saat Pagi Hari