Home / NASIONAL

Rabu, 24 Maret 2021 - 13:40 WIB

JK Usul Salat Tarawih Dibagi Dua Gelombang

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. Foto/MI

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengusulkan agar prosesi ibadah Salat Tarawih di Bulan Ramadan 1442 Hijriah/2021 dibagi menjadi dua gelombang atau sistem sif karena masih dalam kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

“Untuk itu apabila memang diperlukan demi mengakomodir jemaah yang mau salat tarawih, maka bisa dilaksanakan dua kali atau 2 sif,” kata JK dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (24/3).

JK menyatakan usulan tersebut mengingat masjid harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi saat ini. Otomatis, kata dia, membuat daya tampung masjid menurun menjadi hanya 40 persen dari total daya tampung keseluruhan saat Salat Tarawih digelar.

Ia menjelaskan terdapat ketentuan jaga jarak 1 meter saat beribadah di masjid untuk memenuhi aspek protokol kesehatan. Karena itu, daya tampung masjid pastinya akan menurun hingga 40 persen agar aspek tersebut terpenuhi.

“Tahun ini masjid sudah bisa dipakai untuk tarawih, selama memberlakukan protokol kesehatan yang baik. Maknanya apa? tentu mempunyai makna sebagian umat tidak bisa tertampung karena harus mengikuti aturan jaga jarak,” kata dia.

Diketahui, Kementerian Agama dan MUI sendiri belum mengeluarkan pedoman resmi terkait ibadah di Bulan Ramadan 1442 Hijriah di tengah pandemi saat ini.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah akan jatuh pada Selasa, 13 April 2021 mendatang. Meski demikian, pemerintah sendiri belum memutuskan secara resmi kapan 1 Ramadan akan dimulai.

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menetapkan secara resmi awal Ramadan dalam sidang Isbat pada hari ditetapkan sebagai ijtimak.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Istimewa

NASIONAL

Selama 2020, Polri Tangkap 48 Ribu Tersangka Narkoba
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Bakal Berlakukan PPKM Berbasis Mikro
Jalur sepeda di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Jalur Sepeda Permanen di Jakarta Selesai Maret 2021
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkap masih ada 12 ribu sekolah yang tak memiliki akses internet di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Foto/Ist

NASIONAL

Kemendikbud Beri Bantuan Kuota Gratis Bulan Oktober
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

NASIONAL

DKI Tetapkan Prosedur Isolasi Terkendali Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/MI

NASIONAL

Anies Copot Dirut BUMD DKI karena Korupsi
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Cara Bayar Denda Tilang e-TLE
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kapolri Tekankan Pemanfaatan Teknologi Menuju Era 4.0