Home / GLOBAL

Kamis, 21 Januari 2021 - 13:08 WIB

Joe Biden Langsung Cabut Sederet Kebijakan Trump

Presiden terpilih AS Joe Biden. Foto/Ist

Presiden terpilih AS Joe Biden. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, langsung menerbitkan beberapa keputusan presiden yang membatalkan sejumlah kebijakan pendahulunya, Donald Trump, tidak lama usai dilantik.

Dilansir Associated Press, Kamis (21/1), tiga kebijakan utama yang kembali diterapkan Biden adalah kewajiban penggunaan masker, kembali menaati Perjanjian Iklim Paris dan membatalkan sejumlah kebijakan Trump untuk pendatang.

Dalam hal pandemi, Biden mewajibkan penggunaan masker dan menjaga jarak oleh para pegawai negeri sipil dan honorer di seluruh gedung pemerintah pusat.

Biden juga meminta seluruh penduduk AS selalu mengenakan masker selama seratus hari masa pemerintahannya. Selain itu, dia menjanjikan mempercepat vaksinasi dengan target 100 juta penduduk dalam seratus hari kerja.

Selain itu, Biden memerintahkan kabinetnya supaya AS segera bergabung kembali sebagai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dia bahkan mengutus epidemiolog, Dr. Anthony Fauci, sebagai perwakilan AS untuk menyampaikan pidato di WHO pada hari ini waktu setempat.

Biden membatalkan keputusan Trump yang menyatakan AS keluar dari WHO akibat kecurigaan lembaga itu tidak terbuka dalam penanganan pandemi virus corona (Covid-19). Trump juga menuduh kebijakan WHO dalam penanganan pandemi terlalu dipengaruhi oleh China.

Biden juga memerintahkan kabinetnya untuk segera menyatakan AS akan kembali menaati Perjanjian Iklim Paris. Dia menjanjikan Negeri Paman Sam akan berupaya untuk menekan tingkat emisi karbon guna menahan laju perubahan iklim dengan mengembangkan energi ramah lingkungan.

Saat Trump berkuasa, dia menyatakan pemerintahannya keluar dari Perjanjian Iklim Paris dengan alasan ingin menjaga kestabilan ekonomi di sektor eksplorasi energi, terutama minyak bumi, gas alam dan batubara.

Dalam bidang imigrasi, Biden mencabut larangan masuk yang diterapkan Trump terhadap penduduk dari tujuh negara mayoritas Muslim yang diterapkan pada Januari 2017.

Selain itu, Biden juga berjanji akan segera menghentikan pembiayaan proyek tembok penghalang yang digagas Trump, di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

(cnn/ap)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksin China. Foto/AFP

GLOBAL

Nigeria Minta Warga Waspadai Vaksin Corona Palsu
Suasana masa pandemi di Inggris. Foto/Liputan6

GLOBAL

Satu dari 50 Warga Inggris Positif Covid-19
Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. Foto/Ist

GLOBAL

Kemenlu Protes Keras Dubes Inggris terkait Benny Wenda
Ilustrasi hacker. Foto/Thinkstock

GLOBAL

Selebgram Nigeria Bantu Hacker Korut Curi Rp18,3 T
Pemerintah Selandia Baru masih mempertimbangkan apakah bakal memperpanjang penguncian wilayah (lockdown) di Auckland, setelah jumlah kasus baru infeksi virus corona (Covid-19) bertambah. Foto/AAP/Daniel Pockett

GLOBAL

Kasus Covid Bertambah, Selandia Baru Bakal Perpanjang Lockdown
Perang antara Armenia dan Azerbaijan. Ist

GLOBAL

Tolak Damai, Armenia-Azerbaijan Lanjut Perang
Palestina. Foto/AFP

GLOBAL

Palestina-Israel Bakal Berunding Lagi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Erdogan Jadi Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia