Home / EKONOMI

Kamis, 4 Maret 2021 - 21:12 WIB

Jokowi Ajak Cintai Produk Lokal, Mendag: Nilai Tambah

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/BPMI

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto/BPMI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan strategi agar masyarakat Indonesia mencintai produk dalam negeri. Hal tersebut menjawab arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan pihaknya akan mendorong nilai tambah dari produk buatan lokal tersebut. Dengan demikian, produk lokal bisa bersaing dengan barang impor.

“Bagaimana caranya, kami akan memberikan nilai-nilai tambah di mana barang-barang Indonesia akan bersaing dengan barang impor,” ujarnya dalam konferensi pers Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3).

Lewat nilai tambah produk, ia meyakini mampu mendorong sisi permintaan. Terlebih, Indonesia merupakan pasar yang besar dengan penduduk kurang lebih 270 juta orang, sehingga sisi permintaan dari para konsumen itu juga harus didorong.

“Akhirnya nanti menciptakan customer atau pelanggan yang loyal. Jadi, beli barang Indonesia itu adalah cinta Indonesia. Beli dan pakai barang Indonesia itu adalah loyalitas terhadap bangsa, idenya begitu,” jelasnya.

Penciptaan nilai tambah itu, kata dia, salah satunya dilakukan dengan memperbaiki branding (merek) dari produk Indonesia sehingga bisa bersaing dengan produk impor. Bukan tidak mungkin, produk Indonesia menjadi primadona di mal-mal seperti yang diharapkan kepala negara.

“Kami akan atur aturannya supaya orang Indonesia bangga membeli produk Indonesia dan mengembangkan industri Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Ia meminta masyarakat untuk mencintai produk lokal.

Ia berharap masyarakat bisa menjadi konsumen yang loyal untuk produk-produk dalam negeri. Dengan demikian, penjualan dari produsen lokal bisa meningkat ke depannya.

“Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri,” ucap Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021.

(cnn/eko)

Share :

Baca Juga

Mensos Juliari P. Batubara memberi bantuan sembako kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Foto/Kemensos

EKONOMI

Separuh Anggaran PEN Terkait Bansos Covid Ada di Kemensos
Ilustrasi--Pedagan pakaian di Tanah Abang, Jakarta. Foto/Media Indonesia

EKONOMI

Jenis Usaha yang Berhak Terima BLT UMKM Rp3,5 Juta
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara

EKONOMI

Kemenkeu Kucurkan Insentif Rp3,49 T ke Pengusaha
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Program BLT UMKM Bakal Lanjut pada 2021
Ilustrasi UMKM. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Siapkan Banyak Stimulus untuk Pelaku UMKM
Karyawan bank menghitung tumpukan uang Rupiah. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

Bank BUMN Restrukturisasi Kredit UMKM Rp189 T
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Bagikan 584.407 Sertifikat Tanah Gratis di 26 Provinsi
Ilustrasi bantuan pemerintah. Foto/Ist

EKONOMI

BLT UMKM Rp2,4 Juta Sudah Turun, Begini Syarat Mendapatkannya