Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 10:45 WIB

Jokowi Akan Kenalkan Calon Menteri Jelang Reshuffle

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memanggil calon menteri Kabinet Indonesia Maju untuk diperkenalkan kepada masyarakat sebelum reshuffle atau perombakan kabinet.

“Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, melalui pesan singkat, Senin (21/12).

Heru tak menyebut secara rinci waktu pengenalan calon menteri tersebut karena menyesuaikan dengan agenda Jokowi.

“Waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden. Bisa pagi atau siang,” ujarnya.

Ia juga tak menjelaskan lebih lanjut saat disinggung soal nama-nama calon menteri maupun kabar reshuffle yang disebut akan dilakukan pada 23 Desember 2020.

“Belum tahu,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggelar rapat internal empat mata dengan Presiden Jokowi untuk membicarakan hal khusus pada Senin (21/12). Rapat itu digelar di tengah isu reshuffle kabinet yang mencuat ke publik.

“Iya, ada agenda seperti itu (berdua dengan Jokowi). Pagi ini kan (Wapres) mendampingi presiden dalam pelantikan anggota Komisi Yudisial. Setelah itu ada pembicaraan secara khusus dengan presiden,” kata Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, Senin (21/12).

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju mulai berhembus di tengah masyarakat sepekan terakhir. Isu reshuffle kabinet itu sempat dilontarkan salah oleh Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid.

Jazilul mengatakan, kemungkinan besar Joko Widodo bakal merombak komposisi kabinet pada 23 Desember mendatang. Atau pada Rabu Pon, berdasarkan penanggalan Jawa. Ia mengatakan, prediksi itu berdasarkan kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu-waktu sebelumnya.

Saat ini terdapat beberapa kursi kementerian yang masih lowong usai 2 menteri yang tergabung alam Kabinet Indonesia Maju ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK.

Dua kursi yang masih lowong itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Sosial. Saat ini kedua jabatan menteri di kementerian tersebut hanya diisi oleh menteri yang berstatus Ad Interim.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Tol Jakarta-Cikampek. Foto/Ist

NASIONAL

Aturan Perjalanan di Masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021
Ilustrasi kota DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional. Foto/Ist

NASIONAL

Dentuman Misterius di Langit Jakarta, Ini Kata BMKG
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Antara

NASIONAL

Tito Minta Pemda Percepat Aduan Pelayanan Publik
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto/Antara/Nova Wahyudi

NASIONAL

Sebelum Diciduk KPK, Begini Penjelasan Edhy soal Ekspor Benur
Dishub DKI Jakarta tengah mengatur lalu lintas. Foto/Ist

NASIONAL

Dishub DKI Siapkan Rekayasa Lalin Siaga Aksi 1310 Tolak UU Ciptaker
Artis Gisella Anastasia tersandung kasus video mesum. Foto/Antara/Hafidz Mubarak

NASIONAL

Ancaman 12 Tahun Penjara untuk Gisel
Penerapan PSBB DKI Jakarta. Foto/Gesuri

NASIONAL

Tiga Pekan PSBB DKI, Angka Kasus Positif Harian Masih di Atas 1.000
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Siap Kawal Penyaluran Bansos Covid 2021