Home / NASIONAL

Senin, 8 Maret 2021 - 20:06 WIB

Jokowi: Akuisisi Teknologi untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

Presiden Joko Widodo. Foto/Dok Biro Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo. Foto/Dok Biro Sekretariat Presiden

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengakuisisi teknologi, termasuk dari luar negeri. Caranya dengan menjalin kerja sama produksi teknologi di dalam negeri yang melibatkan para pakar dan pekerja Indonesia.

“BPPT harus menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun. Jangan sekadar membeli turnkey technology. Ini sering kita hanya terima kunci terima jadi,” ungkap Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT, Senin (8/3).

“Akhirnya berpuluh-puluh tahun kita tidak bisa membuat teknologi itu. Jadi jangan sekadar membeli mesin jadi sekaligus bersama seluruh ahlinya tapi kita harus membuat kerja sama produksi teknologi di Indonesia,” sambungnya.

Jokowi ingin jalinan kerja sama ini benar-benar menerapkan transfer teknologi dan transfer ilmu sehingga Indonesia bisa ikut mengejar ketertinggalan. Indonesia harus memiliki kemampuan dan memproduksi teknologi sendiri.

“Teknologi sekarang berjalan sangat cepat sekali dan teknologi yang kita butuhkan untuk pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengapresiasi inovasi karya anak bangsa selama pandemi Covid-19, khususnya dunia kesehatan. Mulai dari ventilator hingga alat skrining seperti GeNose yang harganya terjangkau.

“Ada juga rapid diagnostic test RI-GHA yang mampu mendeteksi adanya antibodi Covid-19 dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu,” tuturnya.

Ia menambahkan, ada pula temuan di bidang pangan dan energi yang bisa dimanfaatkan untuk efisiensi UMKM dan mempermudah sinergi antara usaha kecil dengan besar, serta meningkatkan kualitas hidup rakyat.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

KPK Juga Tetapkan 6 Tersangka Lain Selain Edhy Prabowo
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Cek Kuota SNMPTN 2021 di Situs LTMPT
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Bobby Nasution (kanan). Foto/Ist

NASIONAL

Pilkada 2020: Gibran Menang Telak di Solo, Bobby di Medan

NASIONAL

VIDEO: Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut
Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Ungkap 45 Persen Nakes Sudah Divaksin Covid-19
Massa juga mengecam insiden di Surabaya. Mereka menegaskan masyarakat Papua merupakan manusia yang merdeka. Foto/CNBC/Andrean Kristianto

NASIONAL

1 Desember, Propaganda dan Memerdekakan Papua
Tri Rismaharini menduduki jabatan baru sebagai Menteri Sosial RI. Foto/Instagram @tri.rismaharini

NASIONAL

Jumlah Korban Narkoba Setara Populasi Warga Surabaya
Suasana DKI Jakarta. Ist

NASIONAL

Sepekan PSBB, Lalu Lintas DKI Lancar