Home / NASIONAL

Kamis, 21 Januari 2021 - 14:01 WIB

Jokowi Buka Peluang Vaksinasi Covid Skema Mandiri

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo menyatakan akan membuka kemungkinan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Ia mengaku banyak pengusaha yang menanyakan perihal vaksinasi dengan skema tersebut.

“Ada banyak perusahaan, para pengusaha, menyampaikan, ‘Pak, bisa nggak kita vaksin mandiri?’. Ini yang baru kita akan putuskan,” ujar Jokowi dalam acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1).

Jokowi mengatakan, memang tidak dipungkiri jika vaksinasi dengan skema tersebut diperlukan untuk mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan kelompok. Apalagi, lanjutnya, perusahaan siap menanggung vaksinasi bagi pegawainya.

“Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak. Tetapi sekali lagi, harus kita kelola isu ini dengan baik. Mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda bisa dilakukan,” tuturnya.

Menurut Jokowi, vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu kunci untuk mempercepat penanganan pandemi di Indonesia. Oleh karena itu, ia menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan selesai dalam waktu kurang dari setahun.

“Bagaimana bisa dilakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo yang secepat-cepatnya, karena kita punya kekuatan 30 ribu, kurang-lebih 30 ribu vaksinator, ada kurang-lebih 10 ribu puskesmas, ada kurang-lebih 3.000 rumah sakit yang bisa kita gerakkan,” tukasnya.

(set/neg)

Share :

Baca Juga

Deretan gedung bertingkat tersamar polusi udara di kawasan Monas, Jakarta, Senin (29/7/2019). Foto/MI

NASIONAL

Atasi Polusi, Pemprov DKI Usung Jakarta Clean Air Partnership
Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolri Naikkan Pangkat 44.884 Personel di Seluruh Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI sedang merumuskan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai, Kamis (8/4). Foto/Kemenkeu

NASIONAL

Mulai 2021, Bea Materai Jadi Satu Harga Rp10.000
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

KPK Panggil Dirut Swasta Soal Kasus Korupsi Bansos
Ilustrasi pengamanan TNI-Polri. Foto: Antara

NASIONAL

Serang TNI di Intan Jaya, Seorang Anggota KKB Tewas

NASIONAL

Presiden Jokowi: Pilkada Serentak 2020 Harus Berjalan Demokratis, Luber dan Jurdil
Spanduk sosialisasi cegah virus korona di Jakarta. Foto/MI/Bary Fathahilah

NASIONAL

PPKM Mikro DKI Diperpanjang hingga 22 Maret
Pusat perbelanjaan Lippo Mal Kemang Jakarta sepi sejak diberlakukan imbauan di rumah saja. Foto/MI

NASIONAL

Aturan PPKM Mikro: Mal Tutup 21.00, Restoran 50 Persen