Home / NASIONAL

Rabu, 24 Maret 2021 - 13:12 WIB

Jokowi: Infrastruktur untuk Bangun Peradaban Baru

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo menerangkan alasannya fokus terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia. Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur dinilai bukan hanya terkait dengan masalah fisik semata namun lebih dari itu.

“Perlu saya sampaikan infrastruktur bukan hanya fisiknya. Tetapi banyak hal yang akan muncul dan berkembang karena dibangunnya infrastruktur,” ujar Kepala Negara saat Peresmian Terminal Bandar Udara Kuabang Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara, Rabu (24/3).

Lebih jauh, Jokowi mengatakan, salah satu yang muncul karena adanya pembangunan infrastruktur yaitu peradaban baru. Adapun hal ini sering tidak disadari.

“Ini yang nggak, sering nggak kita sadari. Bahwa infrastruktur itu membangun peradaban. Bayangkan misalnya dulu sebelum ada jalan, dari Halmahera Utara menuju ke Sofifi kita harus jalan kaki. Sekarang setelah jalannya ada berarti bisa naik bus, naik sepeda motor, bisa naik mobil. Membangun peradaban baru,” paparnya panjang lebar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, adanya pembangunan infrastruktur biasanya juga melahirkan gaya hidup baru.

“Dan misalnya sekarang ada bandara? Artinya apa? Kita disiplin harus tepat waktu karena datang ke bandara untuk terbang ke kota lain dan waktunya, jamnya sudah ditentukan. Kalau tidak berarti ditinggal oleh pesawat. Itu juga membangun kedisiplinan baru, membangun peradaban,” sambungnya.

Selain itu, adanya pembangunan infrastruktur ini juga akan membangun sebuah daya saing. Dalam hal ini baik dengan daerah lain maupun negara-negara lain.

“Ini yang juga kita harus tahu semuanya bahwa membangun infrastruktur bukan hanya melulu fisik, tidak. Tetapi kita membangun sebuah kompetisi, membangun sebuah competitiveness, daya saing dengan negara-negara lain,” jelasnya.

Masih dari penuturan Jokowi, pembangunan infrastruktur juga bagian dari mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan begitu, pembangunan infrastruktur tidak hanya terpusat di Pulau Jawa maupun Sumatera saja.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono memberikan keterangan kepada wartawan. Foto/Antara

NASIONAL

6 Jenazah Laskar FPI Masih Diperiksa Dokter Forensik

NASIONAL

Pemberian Stimulus Listrik Diperpanjang
Pengamen ondel-ondel beraksi di Kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (12/2). Foto/MI

NASIONAL

Pemprov DKI Bakal Sanksi Pengamen Ondel-ondel
Spanduk sosialisasi cegah virus korona di Jakarta. Foto/MI/Bary Fathahilah

NASIONAL

Anies Klaim DKI Raup Rp5 M dari Denda Tak Pakai Masker
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Sejak Berdiri 2004, KPK Telah Jerat 1.203 Tersangka Korupsi
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruang kuliah Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Januari 2021, Kuliah Tatap Muka dan Online
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

NASIONAL

Anies Mulai Berlakukan Kembali PSBB Transisi di Jakarta Hari Ini
Penerima bansos. Foto/Antara

EKONOMI

Penyaluran Program PEN Terbesar dari Klaster Perlindungan Sosial