Home / NASIONAL

Senin, 1 Februari 2021 - 11:31 WIB

Jokowi Kecewa Soal PPKM Jawa-Bali: Tak Efektif

Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

Presiden RI Joko Widodo. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali tidak efektif. Ia menilai hasilnya belum sesuai dengan ekspektasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang membahas tentang Pendisiplinan Melawan Covid-19, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/1).

“Saya ingin menyampaikan yang berkaitan dengan PPKM tanggal 11 Januari-25 Januari. Kita harus ngomong apa adanya, ini tidak efektif. Mobilitas masih tinggi karena indeks mobility-nya ada. Di beberapa provinsi, Covid-nya masih naik,” tegas Jokowi dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (31/1).

Pada kesempatan tersebut, Presiden meminta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melibatkan pakar epidemiologi untuk menyusun desain kebijakan PPKM yang komprehensif.

“Saya ingin Menko (Maritim dan Investasi) ajak sebanyak-banyaknya pakar epidemiologi, sehingga dalam mendesain kebijakan itu betul-betul bisa lebih komprehensif,” pintanya.

Jokowi menekankan kebijakan PPKM sebenarnya lebih kepada teknis implementasi. Namun, ia menilai justru implementasi kebijakan tersebut tidak tegas dan tidak konsisten.

“Sebetulnya esensi-esensi dari PPKM ini kan membatasi mobilitas, namanya saja kan pembatasan kegiatan masyarakat. Tetapi yang saya lihat di implementasinya ini kita tidak tegas dan tidak konsisten,” tukasnya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Menko Luhut Binsar Panjaitan, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Mendagri Tito Karnavian, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Seskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

BNPB: 2.676 Bencana Alam Terjadi Sepanjang 2020
Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

NASIONAL

14.722 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist

NASIONAL

Menaker Pastikan BLT Pekerja Tahap Empat Cair Pekan Ini
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Ubah Struktur Organisasi, KPK Buat 19 Jabatan Baru
Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Tiga Agenda Besar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi
Ilustrasi--Kolesterol jahat. Foto/Istimewa

NASIONAL

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol
Warga menjalani swab test di GSI Laboratorium, Cilandak, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 15 Januari: Tambah 12.818, Positif 882.418
Pimpinan FPI Rizieq Shihab (tengah). Foto/AFP

NASIONAL

Pemerintah: FPI Organisasi Terlarang