Home / NASIONAL

Jumat, 12 Maret 2021 - 08:47 WIB

Jokowi: Pandemi Disrupsi Cara Hidup Semua Orang

Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala BNPT, di Istana Negara, Jakarta. Foto/Antara

Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala BNPT, di Istana Negara, Jakarta. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi Covid-19 mengajarkan manusia untuk mendobrak cara-cara lama. Jokowi menilai pandemi mendisrupsi cara hidup semua orang.

Menurutnya, pandemi virus corona ini telah membantu mempercepat proses adaptasi manusia dengan segala urusan berbasis digital.

“Pandemi covid telah mengajarkan kita untuk mendobrak cara-cara lama. Yang dulu dianggap tabu, sekarang justru jadi cara hidup baru,” kata Jokowi saat menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-45 Universitas Sebelas Maret secara daring, Jumat (12/3).

Jokowi menilai pandemi mempercepat disrupsi yang telah dimulai dalam persaingan global. Ia menyebut dunia telah berubah begitu cepat saat ini.

Mantan wali kota Solo itu ingin Indonesia tidak tinggal diam. Ia pun meminta seluruh elemen bangsa tidak terjebak cara-cara lama.

“Tidak mudah melakukan disrupsi terhadap diri sendiri. Padahal, jika tidak berani mendisrupsi diri kita, akan didisrupsi oleh zaman yang sedang berubah dengan cepat,” ujar Jokowi.

Jokowi berpesan kepada UNS untuk ikut mendobrak cara-cara lama. Ia meminta UNS memperbanyak agenda riset untuk memperbarui ilmu pengetahuan dan teknologi yang usang karena perkembangan zaman.

“Pengalaman panjang UNS selama 45 tahun saat ini sedang ditantang untuk berubah. Selamat berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan iptek dan mencetak talenta untuk menjawab tantangan kemanusiaan dan kemajuan bangsa demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh belahan dunia telah terjadi setahun ini. Setidaknya, 1.403.722 orang di Indonesia terpapar Covid-19 sejak pasien pertama diungkap pada 2 Maret 2020.

Dari akumulasi jumlah tersebut, sebanyak 1.224.603 orang dinyatakan sembuh, 38.049 orang meninggal dunia, dan 141.070 orang lainnya masih dalam perawatan maupun isolasi mandiri.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi PLN. Ist

NASIONAL

Tarif Listrik Non-Subsidi Turun Mulai Oktober
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Foto/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

NASIONAL

Peluang Ada Tersangka Baru Kasus Bentrok Polisi-FPI
Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Kasus Covid-19 Tembus Setengah Juta, Pilkada Tetap Lanjut
Ilustrasi sekolah PAUD. Foto/Ist

NASIONAL

Peserta Didik PAUD yang Terdaftar di Dapodik Akan Diberikan NISN
Ilustrasi tol macet. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Rizieq Shihab Pulang, Tol Bandara Soetta Lumpuh Total
Ilustrasi--Penumpang kereta api Cirebon menurun. Foto/Antara

NASIONAL

Aturan Baru yang Wajib Diperhatikan Bagi Calon Penumpang KA
Pihak operator Bandara Juanda mulai mempersiapkan penggunaan GeNose C-19 yang merupakan alat pendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. Foto/Antara

NASIONAL

Bandara Juanda Mulai Siapkan Penggunaan GeNose C-19
Perum Bulog. Foto/Ist

NASIONAL

Direksi Perum Bulog Dirombak dan Dirampingkan