Home / NASIONAL

Kamis, 1 Oktober 2020 - 10:21 WIB

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Presiden Jokowi Pimpin Upacara. Ist

Presiden Jokowi Pimpin Upacara. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, upacara dihadiri secara virtual oleh pejabat publik lainnya.

Adapun teks Pancasila dibacakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dibacakan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar. Terakhir, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan doa.

Seluruh pejabat yang hadir dan anggota yang bertugas memakai masker lengkap. Mereka juga menjaga jarak melaksanakan protokol kesehatan.

Upacara hari Kesaktian Pancasila ini adalah gelaran saban tahun untuk memperingati momen peristiwa G30S yang menewaskan para jenderal pada 1965 silam. Tujuh martir tersebut kemudian disematkan gelar Pahlawan Revolusi.

Sementara itu PKI yang disebut menjadi dalang dari tragedi berdarah tersebut kemudian diberangus keberadaannya, dan dilarang berdiri kembali lewat TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966.

Tak ada pidato Jokowi dalam upacara tersebut. Upacara pun berlangsung singkat yang dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 08.14 WIB.

Meskipun telah hilang sejak hampir enam dekade lalu, ‘hantu PKI’ masih terus bergaung terutama saban September. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir muncul polemik terkait kegiatan nonton film Peristiwa G30S/PKI yang diproduksi PPFN pada dekade 1980 lalu.

Film itu sendiri telah tak diwajibkan tonton dan siar sejak reformasi, karena dinilai penuh propanda dari rezim Soeharto atau Orde Baru.

Usai upacara Hari Kesaktian Pancasila 2020, Presiden Jokowi bersama dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan pimpinan lainnya menyempatkan diri berkeliling kawasan monumen yang menjadi tempat para jenderal dibuang pada 1965 lalu, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

(cnn/pre)

Share :

Baca Juga

Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto/MI

NASIONAL

Kasus Pelanggaran HAM Berat Jadi Prioritas Jaksa Agung
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Merapi Keluarkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km
Warga mengenakan masker saat beraktivitas di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (28/8/2020). Foto: Merdeka/Iqbal S. Nugroho

NASIONAL

Kota Depok Masih Masuk Zona Merah Covid-19
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Virtual Police, Kebijakan Baru Jaga Ruang Digital
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop Cinema XXI di Jakarta Mulai Dibuka Senin
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Tiga Tersangka Baru Dugaan Korupsi PT DI Ditetapkan KPK
Tenaga kesehatan tengah menyimpan data pasien Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

RS Swasta Keluhkan Pemerintah Tunggak Biaya Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto/AFP

NASIONAL

Vaksinasi Gratis Diberikan Awal 2021