Home / EKONOMI

Senin, 25 Januari 2021 - 14:02 WIB

Jokowi: Potensi Wakaf di RI Capai Rp2.000 T

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Ia menyebut potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dan wakaf tunai mencapai Rp188 triliun.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan meresmikan Brand Ekonomi Syariah Acara ini juga dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

“Potensi wakaf sangat sangat besar di negara kita, potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp188 triliun,” ungkap Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/1).

Menurut Jokowi, pemanfaatannya wakaf bisa diperluas bukan hanya untuk tujuan ibadah, melainkan dikembangkan untuk sosial ekonomi. Jika dimanfaatkan, potensi ini dapat mengurangi kemiskinan dan ketimpangan sosial.

“Tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah, tetapi juga dikembangkan untuk tujuan sosial ekonomi yang memiliki dampak signifikan bagi dampak kekurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat,” harap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan gerakan nasional wakaf uang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ekonomi syariah. Gerakan ini juga bisa meningkatkan kepedulian, literasi dan edukasi dalam rangka memperkuat solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan.

“Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia suah saatnya kita memberi contoh praktik pengelolaan wakaf yang transparan, kredibel, profesional dan bisa dipercaya dan memiliki dampak produktif bagi kesejahteraan ekonomi umat,” jelasnya.

Ia menambahkan, gerakan wakaf uang ini juga diharapkan bisa memberi pengaruh signifikan pada upaya menggerakan sektor ekonomi nasional, khususnya di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

(set/pre/heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. Foto/Antara

EKONOMI

Imbal Hasil Investasi BPJS Ketenagakerjaan Terus Merosot
Petugas melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan penumpang pesawat yang tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Foto/Antara

EKONOMI

Bandara Sediakan Tes Swab dan Rapid Antigen, Ini Harganya
Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Pengawasan OJK Terhadap Industri Jasa Keuangan Masih Lemah
Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena. Foto/DPR RI

EKONOMI

Upah Minimum 2021 Tak Naik, Pekerja Harus Dapat Bansos
Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

EKONOMI

Cara Cek Bansos Tunai Rp300 Ribu dari Kemensos
Pemerintah tengah menyalurkan bantuan sosial tunai kepada 9 juta kepala keluarga rentan miskin yang terdampak virus Corona (Covid-19). Foto/Ist

EKONOMI

9 Juta KK Terima BLT Rp300 Ribu dari Pemerintah
Ilustrasi pengaturan kursi di restoran cepat saji KFC. Foto/MI

EKONOMI

33 Gerai KFC di Bandara dan Stasiun Tutup
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Antara

EKONOMI

Kemenkeu Kucurkan Insentif Rp3,49 T ke Pengusaha