Home / EKONOMI

Selasa, 12 Januari 2021 - 13:35 WIB

Jokowi Targetkan Program Food Estate Selesai 2021

Kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah. Foto/Antara

Kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut di masa pandemi Covid-19 sektor petanian memiliki peran sentral. Dia juga meminta agar lebih berhati-hati, apalagi adanya pembatasan mobiltas warga dan bahkan distribusi barang antar negara.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Istana Negara, Senin (11/1).

Presiden menyampaikan untuk tetap dapat memenuhi pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia, maka pengelolaan yang berkaitan dengan pangan serta pembangunan pertanian harus menjadi perhatian serius.

“Dalam mengatasi masalah yang terjadi saat ini kita harus membangun program pertanian yang berbasis economic of scale (skala luas), untuk itu kenapa saya dorong Food Estate harus segera diselesaikan,” ungkap Jokowi.

Jokowi berharap agar tahun ini program Food Estate yang telah digarap di Provinsi Kalimantan Tengah dapat segera diselesaikan. Apabila program tersebut telah dilakukan, maka tahapan berikutnya adalah evaluasi. Di sini akan dijabarkan kendala dan program yang berhasil.

“Evaluasi penting dilakukan untuk melihat apa saja kendala yang terjadi di lapangan, sehingga nantinya apabila program tersebut berhasil dengan baik provinsi lain bisa mencontohnya,” tuturnya.

“Inilah cara pembangunan pertanian yang harus kita tujuan yaitu melalui skala luas dan menggunakan teknologi pertanian, sehingga nantinya harga pokok produksi bisa bersaing dengan harga komoditas yang sama dengan negara lain,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo turut menyampaikan apresiasinya terkait adanya pertumbuhan positif pada sektor pertanian terutama pada peningkatan ekspor komoditas pertanian.

(heq/set/pre)

Share :

Baca Juga

Resesi RI Tak Akan Lama Mal kembali beroperasi. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

Resesi RI Tak Akan Lama
Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Marwan Cik Asan. Foto/Ist

EKONOMI

Alokasi Penerima Subsidi Perlu Dibenahi
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

Pemprov DKI Ikuti Pusat Soal Tak Naikkan Upah Minimum 2021
Foto: Kementerian Keuangan

EKONOMI

Negara G20 Berkomitmen Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi yang Kuat dan Berdaya Tahan
Analis PT Pefindo Martin Pandiangan menilai prospek industri nikel di Indonesia stabil dalam jangka pendek hingga menengah. Foto/AFP

EKONOMI

Industri Nikel RI Diprediksi Cerah Tahun Ini
Gedung perkantoran di DKI Jakarta. Foto/ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

EKONOMI

Pemerintah Targetkan Laju Ekonomi 0 Persen Usai Resesi

EKONOMI

Menristek: Ekonomi Digital UMKM Tingkatkan Daya Beli Masyarakat
Kantor Kemenkes. Ist

EKONOMI

DPR RI Setujui Alokasi Pagu Anggaran Kemenkes Rp84,29 T