Home / NASIONAL

Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:22 WIB

Jokowi: Tindak Tegas Pelaku Korupsi Tanpa Pandang Bulu

Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

Presiden Joko Widodo. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pencegahan korupsi harus dilakukan bersama secara besar-besaran. Penindakan tegas terhadap pelaku tindak pidana tersebut harus dilakukan tanpa pandang bulu.

Hal ini disampaikan Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/8).

Situasi pandemi saat ini dikatakan Kepala Negara merupakan satu momentum yang tepat untuk berbenah dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Momentum krisis kesehatan dan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini merupakan momentum tepat untuk kita berbenah secara komprehensif. Kita harus bangun tata kelola pemerintahan yang baik, cepat, produktif, efisien, dan di saat yang sama juga harus akuntabel dan bebas dari korupsi,” ujar Presiden.

Membangun pemerintahan yang produktif, efisien, dan mampu bergerak cepat, kata Presiden, bukan berarti meniadakan transparansi dan akuntabilitas. Sebaliknya, kedua hal tersebut justru harus berjalan beriringan dan saling menguatkan.

“Hal ini memang tidak mudah. Tetapi ini adalah tantangan yang harus kita pecahkan. Kita harus merumuskan dan melakukan langkah-langkah konkret yang konsisten dari waktu ke waktu,” imbuh Presiden.

Oleh karena itu, budaya antikorupsi sebagai bagian dari aksi pencegahan korupsi harus betul-betul digerakkan. Kepala Negara mengajak seluruh pihak dan komponen bangsa untuk menjadi bagian penting dalam gerakan tersebut.

Presiden meyakini bahwa dengan keteladanan yang diberikan, ditambah perbaikan regulasi dan reformasi birokrasi, maka masyarakat juga akan menyambut baik gerakan budaya antikorupsi ini. “Saya akan terus mengikuti aksi pencegahan korupsi ini dari waktu ke waktu,” tuturnya. (hms/pri)

Share :

Baca Juga

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima. Foto/Ist

NASIONAL

Penyelamatan Ekonomi Nasional Harus Fokus pada Industri Pangan
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Gunung Merapi Lepaskan 3 Kali Guguran
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

KPK Sita Rp440 Juta Hasil Geledah Kasus Suap Banggai Laut
Ilustrasi demo tolak Omnibus Law Cipta Kerja. Ist

NASIONAL

UU Cipta Kerja Disahkan, Sejumlah Poin Jadi Sorotan
Menteri Sosial Juliari P Batubara (kanan). Foto/Antara/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

KPK Tetapkan Mensos Juliari Tersangka Bansos Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ist

NASIONAL

Penjelasan Anies Baswedan Soal Pemberlakuan PSBB
Tangkapan layar situs Aisha Weddings

NASIONAL

Bahaya Risiko Kematian Bayi Dampak Nikah Muda
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memimpin apel gelar kesiapan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Foto/TNI

NASIONAL

TNI Siap Jadi Tracer Covid-19 Dukung PPKM Berbasis Mikro