Home / NASIONAL

Jumat, 9 Oktober 2020 - 10:20 WIB

Jurnalis dan Anggota Pers Mahasiswa Dilaporkan Hilang saat Liput Demo Omnibus Law

Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

JAKARTA, BERITANUSA.id – Seorang jurnalis media daring dan tiga anggota pers mahasiswa GEMA Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dilaporkan hilang kontak saat meliput aksi demo Omnibus Law di sekitar Istana pada Kamis (8/10). Tak hanya itu, seorang junalis lainnya juga mengalami penganiayaan hingga perampasan alat peliputan.

Dikutip Beritanusa.id dari Republika.co.id, jurnalis Merahputih.com Ponco Sulaksono dikabarkan menghilang setelah terakhir diketahui sedang meliput aksi di sekitar Tugu Tani, Jakarta. Menurut Kompartemen News Merahputih.com, terakhir Ponco mengirim berita pukul 15.14 WIB.

Hingga Kamis (8/10) malam sekira pukul 23.00 WIB, kabar mengenai keberadaan Ponco masih belum diketahui. Rekan-rekan seprofesi telah mencoba berkoordinasi dengan jajaran Polda Metro Jaya hingga Polres terkait. Namun, keberadaan Ponco masih belum diketahui.

Sementara itu, penganiaayaan, intimidasi, dan perampasan alat kerja terjadi pada jurnalis media daring Suara.com.

Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono mengatakan, jurnalisnya yang bernama Peter Rotti, mengalami kekerasan dari aparat kepolisian saat meliput aksi unjuk rasa penolakan Omnimbus Law Undang-undang Cipta Kerja di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (8/10).

Menurut dia, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, saat Peter merekam video aksi sejumlah oknum aparat kepolisian mengeroyok seorang peserta aksi di sekitar halte Transjakarta Bank Indonesia. Ketika itu, Peter berdua dengan rekannya, yang juga videografer, yakni Adit Rianto S, melakukan live report via akun Youtube peristiwa aksi unjuk rasa penolakan Omnibus Law.

“Melihat Peter merekam aksi para polisi menganiaya peserta aksi dari kalangan mahasiswa, tiba-tiba seorang aparat berpakaian sipil serba hitam menghampirinya,” papar Suwarjono dalam keterangan resmi Suara.

Kemudian, kata dia, disusul enam orang polisi yang belakangan diketahui anggota Brimob. Para oknum polisi itu meminta kamera Peter. Namun, Peter menolak sambil menjelaskan bahwa dirinya jurnalis yang sedang meliput.

Kemudian dikutip Beritanusa.id dari Detik.com, tiga anggota pers mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), GEMA, dilaporkan hilang kontak saat meliput demo omnibus law di sekitar Istana. Hingga malam tadi tiga mahasiswa tersebut belum bisa dihubungi.

“Dari tim GEMA itu ada 10 orang yang turun liputan, mereka bagi dua tim, ada yang ke Istana,” kata Pemimpin Redaksi GEMA Ilham Kusumaning Pratama kepada wartawan, Kamis (8/10).

Ilham menyebut ada 6 mahasiswa yang meliput di depan Istana, 3 di antaranya mereka yang hilang ini. Tiga mahasiswa yang hilang ini bernama Ajeng, Dharma, dan Ahsan.

Ajeng, Dharma, dan Ahsan disebut masih bisa berkomunikasi di grup internal hingga siang hari. Per pukul 20.00 WIB ini, Ilham mengaku belum bisa menghubungi tiga orang itu.

“Awalnya dari pukul 11.30 WIB masih bisa kontak, setelah itu kita panggil nyambung tapi nggak diangkat,” sebut Ilham.

(heq/rep/det)

Share :

Baca Juga

Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, Kamis (7/1). Foto/Antara/Andreas Fitri Atmoko

NASIONAL

Merapi Erupsi Lagi, Awan Panas Meluncur Sejauh 1,6 KM
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima suntik vaksin Covid-19 di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta, 17 Februari 2021. Foto/dok Setwapres RI

NASIONAL

Aturan Vaksin Covid Mandiri Siap Pekan Depan
Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Warga mencuci tangan sebelum masuk ke perkampungan yang melakukan karantina wilayah, di Cipulir, Jakarta Selatan. Foto/Antara

NASIONAL

Denda Pelanggar Prokes di DKI Capai Rp5,5 Miliar
atgas Operasi Tinombala 2016 melakukan patroli bersenjata di Posko Sektor II Tokorondo, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (16/8). Foto/Antara Foto

NASIONAL

Polri Evaluasi Operasi Satgas Tinombala Usai Pembantaian Sigi
Pandemi corona. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona: Bertambah 4.065, Total Positif Jadi 425.796 Orang

NASIONAL

Sat Resnarkoba Polres Kubar Kembali Amankan Dua Tersangka Pengedar Narkotika Jenis Sabu
Petugas menimbang kantong-kantong berisi limbah masker masyarakat sebelum diangkut truk milik PT Wastec Internasional di Dipo Sampah Ancol. Foto/Antara

NASIONAL

12 Ton Masker Bekas di Jakarta Dimusnahkan