Home / UMKM

Selasa, 5 Januari 2021 - 11:16 WIB

48 UMKM Binaan Pusatnusa Terima BLT Rp2,4 Juta

Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa/Radhea Heqamudisa

Parluhutan S.SE.Ak, M.Ak, CA, CMA (Topad), pendiri Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa/Radhea Heqamudisa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Mengawali tahun 2021, organisasi nirlaba Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa) mendapat kabar gembira.

Sebanyak 48 mitra UMKM binaan Pusatnusa terkonfirmasi telah menerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk UMKM senilai Rp2,4 juta.

Berdasarkan data Pusatnusa per Selasa, 5 Januari 2021, sebanyak 38 mitra UMKM binaan Pusatnusa terkonfirmasi menerima BLT UMKM. Sebelumnya, 10 mitra UMKM Pusatnusa lebih dulu menjadi penerima BLT itu.

Total kini ada 48 UMKM Pusatnusa yang mendapat bantuan dari pemerintah tersebut.

“Kami terus aktif membantu para mitra binaan untuk mendapat segala bantuan dari pemerintah yang terkait dengan UMKM. Kami yang urus segala berkas dan persyaratan para mitra dan tak ada potongan apapun, semua langsung masuk ke rekening mereka,” kata Ketua Umum Pusatnusa Parluhutan Simanjuntak, Selasa (5/1).

Pria yang akrab disapa Topad ini menjelaskan niat tulus Pusatnusa adalah membantu para pelaku usaha kecil mikro agar tetap bertahan di tengah badai pandemi virus corona (Covid-19). Dengan begitu, perekonomian Indonesia diharapkan bisa kembali pulih.

Ia mengungkapkan akan semaksimal mungkin membantu para UMKM yang telah bermitra dengan Pusatnusa. Meski adanya keterbatasan, Topad bakal turut serta mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berdaulat di Tanah Air melalui UMKM.

“Ada semangat baru yang muncul dalam diri saya. Semoga kami bisa mewujudkan cita-cita memajukan perekonomian negara dari UMKM ini,” harapnya.

Pengusaha yang dikenal jujur itu juga mengatakan bahwa masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui segala persyaratan untuk mendapatkan BLT UMKM. Untuk itu, pihaknya selalu terbuka untuk membantu para pelaku UMKM dengan bergabung di Pusatnusa.

“Pusatnusa ini adalah wadah bagi UMKM yang nantinya kami akan membuat sebuah marketplace agar mereka bisa transaksi atau jual beli tidak lagi dengan bertemu karena saat ini juga lagi masa pandemi. Ini bisa menjadi solusi mengatasi pandemi,” jelas dia.

Tak sampai di situ, Pusatnusa juga siap memfasilitasi mitra UMKM binaan soal pengadaan barang/jasa dari pemerintah. Dimana pemerintah bakal melibatkan UMKM dalam proyek pengadaan tersebut.

“Dalam wadah Pusatnusa ini kami akan bersinergi untuk membentuk suatu perkumpulan yang memang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” terangnya.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sebelumnya meminta pelaku UMKM untuk aktif mengikuti pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Ini saja dimanfaatkan UMKM, potensinya sangat besar,” ujar Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit dalam siaran persnya, Kamis (12/11/2020) lalu.

Dia menyebutkan, melalui Peraturan Presiden Nomor 16/2018 mewajibkan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah mencadangkan belanja pengadaan yang nilainya sampai dengan Rp2,5 miliar untuk UMKM.

Oleh sebab itu, pelibatan UMKM ini juga harus diperkuat dalam UU Cipta Kerja yang menyatakan bahwa 40 persen dari pengadaan barang dan jasa pemerintah diperuntukkan bagi UMKM.

(heq)

Share :

Baca Juga

Pedagang mengemas sandal hasil industri kecil rumah tangga yang dipasarkan melalui daring di Denpasar, Bali, kemarin. Foto/Antara

UMKM

Kabar Baik! UMKM Bisa Ajukan Pinjaman hingga Rp50 Juta
Pekerja membuat masker dari kain batik di sebuah usaha kecil menengah (UKM). Foto/Antara

UMKM

Sederet Usaha yang Bisa Daftar BLT Rp2,4 Juta
Ilustrasi uang Rpiah. Foto/Ist

EKONOMI

Mandiri-Grab Kerja Sama Salurkan Kredit Rp100 Juta ke UMKM
Ilustrasi UMKM perikanan. Foto/Ist

UMKM

Perluas Akses Pasar, UMKM Perikanan Mesti Manfaatkan Dunia Digital
Bank BCA. Foto/MI

EKONOMI

Gandeng Pinjol, BCA Salurkan Pinjaman untuk UMKM hingga Rp30 Miliar
Ketua Umum PUSATNUSA Parluhutan melantik sejumlah pengurus daerah. Foto: Beritanusa.id

TOPAD

Pidato Lengkap Ketua Umum PUSATNUSA saat HUT ke-75 RI
Sertifikasi Halal MUI. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Gratiskan Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMK
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Ist)

UMKM

Teten Masduki Dorong Kebangkitan UMKM