Home / NASIONAL

Rabu, 13 Januari 2021 - 17:30 WIB

Kabareskrim Minta Jajaran Tunda Proses Hukum Peserta Pilkada

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran patuh dan menjalankan Surat Telegram Rahasia bernomor ST/2544/VIII/RES.1.24./2020 yang terbit pada 31 Agustus 2020 tersebut.

Surat telegram itu dikeluarkan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menjaga netralitas anggota Polri saat Pilkada Serentak 2020, di antaranya ada arahan untuk menunda proses hukum peserta Pilkada 2020.

Kabareskrim menyampaikan proses hukum yang memunculkan polemik dan membawa dampak yang merugikan peserta pilkada akan membuat Polri terlihat tak netral.

“Memerintahkan seluruh anggota agar mematuhi dan melaksanakan STR Netralitas. Harus betul-betul mencermati setiap laporan yang masuk terkait para balon (bakal calon) dan paslon (pasangan calon) sehingga tidak memunculkan polemik penegakan hukum yang berdampak terhadap balon dan paslon, yang tentunya bisa merugikan balon maupun paslon yang sedang ikut konstestasi Pilkada,” jelas Listyo dalam keterangannya, Rabu (13/1).

Listyo menekankan penyidik harus cermat dan hati-hati dalam menyikapi laporan polisi masuk terkait peserta pilkada. Ia kemudian menjelaskan akan ada sanksi bagi yang melanggar arahan Kapolri.

Meski demikian, ujar Listyo, dalam telegram dijelaskan peserta pilkada dapat diproses jika melakukan tindak pidana pemilihan, tertangkap tangan, dan mengancam keamanan negara. Arahan tunda kasus juga tak berlaku bagi peserta pilkada yang melakukan tindak pidana dengan sanksi hukuman penjara seumur hidup dan mati.

“Penyidik harus cermat dan hati hati, ada sanksi apabila penyidik melanggar dan tidak mematuhi STR Kapolri tentang netralitas tersebut,” pungkasnya.

(pol/heq)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Jokowi Terbitkan PP Kebiri Bagi Pelaku Kekerasan Seksual Anak
Foto: Istimewa

NASIONAL

Perpres Nomor 82 Tahun 2020 untuk Pastikan Keseimbangan Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Perpanjang Masa PSBB Jakarta Dua Pekan
Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

NASIONAL

Pelajar dan Guru Sudah Bisa Nikmati Kuota Internet Gratis 2020
Perwakilan Australian Federal Police (AFP) atau Polisi Federal Australia melakukan kunjungan kerja ke Mabes Polri, Jakarta Selatan. Foto/dok Polri

NASIONAL

Polisi Australia Kunjungi Polri, Bahas Soal Kejahatan Transnasional
Markas Komando Daerah Militer (Kodam) Jayakarta, di Cililitan, Jakarta Timur, dipenuhi karangan bunga, Senin, 23 November 2020. Foto/Medcom

NASIONAL

Puluhan Karangan Bunga Terpampang di Markas Kodam Jaya
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI Sekretariat Presiden/Lukas

NASIONAL

Pulihkan Ekonomi Nasional, Presiden Jokowi Akan Bantu UMKM Rp2,4 Juta per Orang
Pintu air Manggarai. Ist

NASIONAL

1.689 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Pintu Air Manggarai