Home / NASIONAL

Jumat, 26 Februari 2021 - 18:26 WIB

Kafe Lokasi Penembakan Cengkareng Ditutup Permanen

Ilustrasi Garis Polisi. Foto/MI

Ilustrasi Garis Polisi. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menutup permanen kafe yang menjadi lokasi penembakan di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Satpol PP menyatakan, kafe itu telah melakukan pelanggaran berulang.

Pengendali Seksi Trantibum Satpol PP Jakarta Barat Gudmen mengatakan, kafe tersebut ditutup permanen lantaran melanggar Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

“Penutupan dan penyegelan usaha ditutup, karena langgar pergub DKI Jakarta nomor 3 tahun 2021,” kata Gudmen dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/2).

Satpol PP kemudian memasang segel tanda tutup permanen di bangunan tersebut. Selain itu, pihaknya juga memberikan garis kuning penanda penyegelan di sekeliling bangunan.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat mengatakan, kafe tersebut telah tiga kali melanggar protokol kesehatan saat pandemi Covid-19. Puncaknya, pelanggaran terjadi saat kasus penembakan oleh polisi yang menewaskan tiga orang di kafe itu.

Pelanggaran pertama terjadi pada 5 Oktober 2020. Saat itu, anggota Satpol PP Jakbar langsung memberikan sanksi penutupan 1×24 jam.

Kemudian, hanya berselang sepekan, kafe itu kembali melakukan pelanggaran. Akibatnya, Satpol PP menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp5 juta dan penutupan 3×24 jam.

“Nah hari ini kita menyaksikan ada pelanggaran kemarin, termasuk jam tutupnya. Jadi karena sudah tiga kali, sesuai dengan Pergub 3 tahun 2021 Pasal 28 kami lakukan penutupan,” ujar Tamo.

Selain itu, menurut Tamo, kafe tersebut tidak memiliki izin terdaftar dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta. Kafe hanya mengantongi izin usaha mikro di Online Single Submission (OSS).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Calon Kapolri Jamin Penegakan Hukum Berlaku Adil
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

NASIONAL

Satgas Evaluasi Kerumunan Saat Vaksinasi Warga Tanah Abang
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Idham Azis Yakin ‘Tangan Dingin’ Listyo Sigit Bawa Polri Lebih Baik
Demo omnibus law di Jakarta. Foto/Tribunnews

NASIONAL

Polisi Tetapkan 131 Tersangka Terkait Demo Ricuh di Jakarta
Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Pesan Kapolri Usai Lantik 8 Kapolda Baru
Demo mahasiswa Papua di depan Kantor Kementrian Dalam Negeri di Jakarta, Selasa (14/7/2020). Foto/Jubi

NASIONAL

Mahasiswa Papua Demo Tolak Perpanjangan Otsus
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Kapolri Perintahkan Jajaran Tindak Tegas Mafia Tanah
Bioskop di Jakarta kembali dibuka. Foto/Ist

NASIONAL

Bioskop Cinema XXI di Jakarta Mulai Dibuka Senin