Home / NUSANTARA

Selasa, 8 September 2020 - 14:05 WIB

Kapolda dan Gubernur Tingkatkan Pelayanan Samsat Bangka Barat

apolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat bersama Gubernur Babel menggelar launching peningkatan layanan Samsat Bangka Barat, di Kantor Samsat Kabupaten Bangka Barat, Senin (7/9). Ist

apolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat bersama Gubernur Babel menggelar launching peningkatan layanan Samsat Bangka Barat, di Kantor Samsat Kabupaten Bangka Barat, Senin (7/9). Ist

BANGKA BELITUNG, BERITANUSA.id – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat bersama Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan menggelar launching peningkatan layanan Samsat Bangka Barat, di Kantor Samsat Kabupaten Bangka Barat, Senin (7/9). Peningkatan layanan tersebut berupa pergantian STNK dan pembayarn pajak bermotor lima tahunan.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Babel, Dir lantas Polda Babel, Kapolres Bangka Barat, Sekda Bangka Barat, Kajari Bangka Barat, Ketua pengadilan Agama Kab. Bangka Barat, dan Dandim 0431/Bangka Barat.

Kapolda dan Gubernur tiba di lapangan Mapolres Bangka Barat menggunakan helikopter dan disambut oleh Kapolres serta PJU Polres Bangka Barat. Kemudian rombongan menuju restoran Aroma Desa Belo Laut Mentok Bangka Barat.

Saat tiba di lokasi, rombongan yang di dampingi Kapolres Bangka Barat, menyerahkan bantuan perlengkapan nelayan, bantuan kelompok usaha bersama (KUBE) dan santunan kepada 26 orang veteran di Mentok Bangka Barat.

Kemudian rombongan melaksanakan penanaman bibit buah semangka di kawasan Desa Belo Laut Mentok Bangka Barat dan Kemudian rombongan menuju ke Gedung Samsat Bangka Barat untuk melaksanakan launching peningkatan pelayanan Samsat Bangka Barat.

Adapun sambutan serta arahan Kapolda Babel dalam kegiatan ini mulai dari ucapan syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dapat berkumpulnya seluruh hadirin untuk meresmikan serta launching peningkatan pelayanan Samsat Bangka Barat.

Kapolda mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggarannya kegiatan launching ini. Sebagai salah satu upaya merealisasikan peningkatan pelayanan khususnya masyarakat kabupaten Bangka Barat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kapolda berharap koordinasi dan sinergitas antar instansi atau stakeholder pada sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) terus ditingkatkan agar pelayanan kepada masyarakat semakin bisa dirasakan, cepat, mudah dan transparan.

Pajak merupakan komponen utama dalam pembangunan suatu daerah. Oleh sebab itu Samsat sebagai salah satu sarana menghimpun pajak kendaraan bermotor dari masyarakat, harus mendapatkan perhatian khusus dari stakeholder di dalamnya yaitu pemerintah daerah, kepolisian, Jasa Raharja, mulai dari lingkungan yang nyaman, sarana prasarana yang lengkap, dan pelayanan yang mudah, cepat, transparan serta akuntabel dalam proses registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan pembayaran pakak kendaraan bermotor.

Peningkatan pelayanan dalam perpanjangan STNK diharapkan semakin mempermudah masyarakat dan menjadi faktor pengungkit terhadap kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Kita di tuntut menyesuaikan perkembangan jaman dan teknologi termasuk pelayanan kepada publik. Pelayanan yang semula dilakukan secara parsial dan manual berubah menjadi pelayanan yang modern dan digital.

Implementasi pelaksanaan Electronic Registration and Identification (ERI) dalam pelayanan Regident berdampak terhadap berbagai pelayanan di Samsat diantaranya proses pengesahan dan perpanjangan STNK menjadi akuntabel dan memangkas waktu pelayanan kepada masyarakat.

Kapolda berharap dengan adanya pelayanan yang semakin baik tentunya akan menjadi hal positif yang harapannya akan meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak kendaraan bermotor.

Kapolda pun berpesan kepada seluruh personil Samsat Bangka Barat yang akan memberikan pelayan kepada masyarakat agar selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Pelaksanakan pegabdian kita kepada masyarakat bangsa dan negara, dan semoga pandemi ini cepat berakhir. (rls/pol)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tanah longsor. Foto/Antara

NUSANTARA

26 Kecamatan di Sumedang Rawan Longsor
Motor listrik karya anak muda di Kota Bandung. Foto/Pemkot Bandung

NUSANTARA

Bandung Ciptakan Motor Listrik Ramah Lingkungan
Fenomena awan lentikularis saat merapi muntahkan lava pijar. Foto/BPBD DIY

NUSANTARA

Fenomena Langkah Saat Merapi Muntahkan Lava Pijar
UMKM Masker di Mojokerto. Foto: Istimewa

NUSANTARA

Dorong Produksi Lokal, Wagub Jatim Tinjau UMKM Penghasil Masker di Mojokerto
Gunung Merapi. Foto/Ist

NASIONAL

Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran 52 Kali
Ilustrasi warga saat menerima bantuan uang tunai. Foto/Antara

EKONOMI

Warga Keluhkan Bansos Ayam Hidup di Cianjur
Ilustrasi PSBB. Foto: Istimewa

NUSANTARA

PSBB Proposional Wilayah Bodebek Resmi Diperpanjang
Ilustrasi -- Bencana tanah longsor. Foto/Antara

NASIONAL

Dalam 10 Hari, Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan