Home / NASIONAL

Jumat, 8 Januari 2021 - 15:46 WIB

Kapolri Terbitkan Telegram Terkait PPKM Jawa-Bali

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Foto/Ist

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali guna menekan penyebaran Covid-19 yang akan diberlakukan di pulau Jawa-Bali pada 11 Januari sampai dengan 25 Januari 2021.

Sebagai tindak lanjut dari PPKM tersebut, Polri mengeluarkan surat telegram Kapolri Jenderal Idham Azis dengan nomor ST/13/I/OPS.2./2021 tertanggal 7 Januari 2021.

“Surat telegram dialamatkan kepada seluruh Kapolda,” tegas Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Jumat (8/1).

Komjen Agus menerangkan, surat telegram itu memerintahkan kepada seluruh Kapolda untuk melakukan komunikasi, koordinasi, dan mendorong pihak Pemda untuk mengatur secara spesifik PPKM dimaksud sampai dengan penerapan sanksi melalui Peraturan Daerah (Perda).

Kemudian, jajaran Polri diminta meningkatkan kegiatan Satgas II Pencegahan Operasi Aman Nusa II melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat dengan melibatkan seluruh potensi masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial, media cetak, dan elektronik.

“Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemda, TNI, dan stakeholder lainnya untuk melaksanakan pengetatan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan dengan meningkatkan pelaksanaan Operasi Yustisi,” ucapnya.

Polri akan melakukan pengawalan dan pengawasan, serta mendorong pihak Pemda untuk mengakselerasi pelaksanaan belanja barang maupun modal, penyaluran seluruh program bantuan sosial pemerintah, serta memberikan kemudahan investasi dan kegiatan usaha.

Terutama pada Triwulan I tahun 2021 dalam rangka mendukung program pemulihan perekonomian nasional. Seluruh anggota diwajibkan mempelajari dan memahami, serta mengikuti perkembangan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diprogramkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk selanjutnya melakukan koordinasi dengan Pemda, TNI, dan stakeholder lainnya dalam rangka persiapan pelaksanaannya di wilayah masing-masing.

“Surat telegram ini bersifat perintah untuk dilaksanakan,” tandas Agus.

(heq/pol)

Share :

Baca Juga

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis meluncurkan Kampung Tangguh di Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7). (Foto: Div Humas Polri)

NASIONAL

Panglima TNI dan Kapolri Luncurkan Kampung Tangguh di Mauk Tangerang
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Komjen Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri 27 Januari
Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (15/11). Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Resmi Teken Perjanjian RCEP dalam KTT ASEAN
Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Korban Meninggal Akibat Gempa Sulbar Jadi 88 Orang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/PMJ

NASIONAL

Massa Aksi 1812 Lukai Dua Polisi dengan Samurai
Ilustrasi virus corona.

NASIONAL

Update Kasus Corona 30 Juli: 106.336 Positif, 64.292 Sembuh
Najwa Shihab. Foto/Tangkapan layar acara "Mata Najwa"

NASIONAL

Wawancara ‘Kursi Kosong’ Terawan, Najwa Shihab Dilaporkan Polisi
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

DPRD DKI Lockdown hingga 18 Januari