Home / NASIONAL

Sabtu, 5 September 2020 - 22:19 WIB

Kasum TNI Tinjau Latihan Penanganan Force Down Pesawat Asing

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Surpiyanto. Foto/TNI

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Surpiyanto. Foto/TNI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Surpiyanto meninjau Latihan Penanganan Pelanggaran Pesawat Udara Asing setelah Pemaksaan Mendarat (Force Down) Tahun Ajaran 2020 di Hanggar Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (4/9).

Dalam sambutannya, Kasum TNI menyampaikan bahwa mengemban tugas menegakkan hukum dan mengamankan wilayah udara yurisdiksi nasional yang telah diamanatkan dalam aturan perundang-undangan bukanlah pekerjaan yang mudah.

Terlebih lagi dihadapkan pada luasnya wilayah udara nasional yang harus dijaga, serta keterbatasan sarana dan prasarana maupun aturan perundang-undangan.

“Hal tersebut bukan kendala atau alasan bagi Kohanudnas untuk selalu berupaya melaksanakan tugas selaku penegak kedaulatan wilayah udara yurisdiksi nasional secara optimal,” kata Letjen TNI Joni Surpiyanto, Jumat.

Menurut dia, mencermati realita yang ada saat ini, khususnya yang terkait dengan maraknya pelanggaran pesawat udara asing tidak terjadwal di wilayah udara yurisdiksi nasional, menunjukkan bahwa konsep ruang udara nasional Indonesia masih relatif terbuka juga tidak eksklusif.

“Pelanggaran wilayah udara nasional berbeda dengan kriminal biasa, dimana pelanggaran wilayah udara dapat berdampak pada aspek pertahanan dan kedaulatan negara,” ungkapnya.

Kasum TNI mengatakan bahwa penanganan terhadap pesawat udara asing yang melanggar wilayah udara nasional dalam rangka pengamanan wilayah udara untuk kepentingan pertahanan negara dan keselamatan penerbangan, mempunyai arti penting dalam menjaga kedaulatan negara di ruang udara dan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama dari Kementerian/Lembaga serta instansi terkait. (*)

“Penanganan terpadu dilakukan terhadap pesawat udara asing yang tidak memiliki izin dan dipaksa mendarat di Pangkalan Udara oleh pesawat udara TNI AU,” jelasnya.

Menurut Letjen TNI Joni Supriyanto, dilatihkannya tahapan prosedur terpadu penanganan pesawat setelah pemaksaan mendarat adalah sebagai implementasi kesepakatan bersama sekaligus melihat efektivitas, efisiensi serta sinergitas Kementerian/Lembaga dan instansi terkait dalam percepatan penanganan dan antisipasi kemungkinan terjadinya hambatan yang dapat menggagalkan tugas-tugas penegakan hukum oleh para pemangku kepentingan demi terciptanya pertahanan dan keamanan negara serta keselamatan penerbangan.

Kasum TNI berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam latihan ini, dapat benar-benar mengerti dan memahami rangkaian materi latihan secara baik dan utuh.

“Seluruh personel yang terlibat dalam latihan ini hendaknya dapat melaksanakan tugas dan perannya secara efektif, efisien dan profesional sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan tujuan serta sasaran latihan dapat tercapai,” tandasnya. (tni)

Share :

Baca Juga

Pekerja memindahkan paket bantuan sosial (bansos) yang akan disalurkan di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Foto/Antara

NASIONAL

Puluhan Ribu Paket Bansos Covid Terbengkalai di Pulogadung
Gedung Asabri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Tersangka Kasus Asabri Bisa Dituntut Penjara Seumur Hidup
Ilustrasi vaksin China. Foto/AFP

NASIONAL

Vaksinasi Mandiri Bagi Warga Mampu, Harus Daftar Faskes
Presiden Joko Widodo alias Jokowi mendapat suntikan kedua vaksin Covid-19 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, Rabu (27/1). Foto/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

NASIONAL

Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Corona Dosis Kedua
Ilustrasi Pilkada 2020. Foto/Antara

NASIONAL

Perludem Ajukan Opsi Revisi UU Pemilu dan Pilkada
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Foto/MI

NASIONAL

Pemerintah Bakal Bubarkan 29 Lembaga Negara, 10 Tahun Ini
KPU. Foto/Ist

NASIONAL

KPU Batasi Kampanye Pilkada 2020
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair? Ini Sebabnya