Home / NASIONAL

Jumat, 18 September 2020 - 15:42 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Cenderung Menurun

Ilustrasi orang pakai masker. Foto/Ist

Ilustrasi orang pakai masker. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, jumlah kasus aktif virus corona di Indonesia mengalami penurunan tiap pekannya. Dia menyebut, Indonesia harus bisa menekan betul kasus aktif berada di bawah rata-rata dunia, yakni sekitar 24,4 persen.

“Dari 514 kabupaten/kota, proporsi terbanyak adalah kabupaten/kota dengan 1 sampai 50 kasus aktif, yaitu ada 292 kabupaten/kota atau 56,8 persen dari total keseluruhan kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Ini kabar baik,” kata Wiku dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/9).

Namun, lanjut Wiku yang perlu menjadi perhatian adalah masih ada 11 kabupaten kota dengan kasus aktif lebih dari 1.000 kasus. Antara lain Kota Semarang, Kota Medan, Kota Bekasi, Kota Makassar, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Jakarta Timur, Kota Surabaya, dan Kota Pekanbaru.

Wiku mengatakan dari segi demografi kabupaten kota ini dengan jumlah penduduk yang padat dan merupakan kota besar. Kasus ini menyumbang 26 persen dari total kasus aktif di Indonesia saat ini. Jadi di 11 kabupatem kota ini proses penyembuhannya maksimal, maka jumlah kasus aktif ini akan turun.

“Agar kabupaten kota ini betul-betul melaksanakan protokol kesehatan di seluruh sektor sosial ekonominya yang sudah berjalan. Kepada masyarakatnya selalu gunakan masker apabila keluar rumah, selalu menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan agar dapat menekan penyebaran kasus,” kata Wiku.

Berdasarkan update kasus harian Covid-19 per hari Kamis (17/9) kemarin, kasus konfirmasi bertambah 3.653 kasus hingga total menjadi 232.628 kasus. Sementara kasus sembuh bertambah 2.585 orang dan totalnya 166.686 kasus.

Untuk kasus meninggal bertambah 122 dan total secara nasional sebanyak 9.222 kasus. Lalu jumlah suspek sebanyak 103.209 kasus dan pemeriksaan spesimen sebanyak 41.804 spesimen. (heq/inf/sat)

Share :

Baca Juga

Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

NASIONAL

Wapres RI Targetkan 1 Juta Warga Suntik Vaksin Per Hari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ist

NASIONAL

Penjelasan Anies Baswedan Soal Pemberlakuan PSBB

NASIONAL

Jokowi Resmikan Ruas Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4
Ilustrasi Omnibus Law. Foto/Ist

NASIONAL

Omnibus Law Ciptaker Bukan Solusi Krisis
Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin. Foto/Ist

NASIONAL

Aziz Syamsuddin: 18 Anggota DPR RI Terpapar Virus Corona
Presiden Joko Widodo menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 12 November 2020. Foto/BPMI/Setpres

NASIONAL

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Bahas Pulihkan Ekonomi
Ilustrasi. Peta prakiraan cuaca. Foto: AFP PHOTO / ADEK BERRY

NASIONAL

BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir di Jakarta pada Sore Hari
Petugas bawa serpihan pesawat Sriwijaya Air. Foto/Antara

NASIONAL

Publik Diminta Tak Berasumsi Penyebab SJ 182 Jatuh