Home / NASIONAL

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:37 WIB

Kasus BPJS Ketenagakerjaan Diduga Terkait Dana Investasi

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. Foto/Antara

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan dugaan korupsi di PT Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terkait pengelolaan dana investasi. Kasus dugaan korupsi itu juga sudah ditingkatkan ke penyidikan.

“Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus mulai melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait sebagai saksi dalam dugaan perkara tindak pidana korupsi pada pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan resmi, Selasa (19/1).

Namun demikian, belum ada informasi lebih lanjut dari Kejaksaan terkait posisi kasus tersebut. Termasuk, periode waktu dugaan terjadinya tindak pidana korupsi pada perusahaan plat merah tersebut.

Kasus dugaan korupsi tersebut ditingkatkan menjadi penyidikan pada awal 2021 ini. Kasus ditangani para penyidik Jampidsus berdasarkan surat perintah penyidikan Nomor: Print-02/F.2/Fd.2/01/2021.

Penyidik saat ini tengah memeriksa sejumlah saksi untuk mendalami kasus tersebut. Selain itu, sejumlah dokumen sudah disita dalam penggeledahan kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Senin (18/1) kemarin. Meskipun demikian, belum ada tersangka dalam kasus tersebut.

Direktur Penyidikan pada Jampidsus, Febrie Adransyah pernah menyatakan kasus BPJS Ketenagakerjaan disinyalir sama seperti yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Febri mengatakan dalam kasus tersebut terjadi banyak transaksi terkait dengan pengelolaan saham dan reksadana. Diduga kuat, kasus itu telah membuat perusahaan merugi hingga Rp43 triliun.

“BPJS itu sampai sekarang masih kita lihat karena kayak Jiwasraya, transaksi banyak. Nilainya sampai Rp43 triliun sekian di reksadana dan saham,” kata Febrie, Selasa (29/12) lalu.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Tim SAR gabungan menemukan beberapa puing yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Temuan Identitas Palsu Penumpang Sriwijaya Air SJ 182
Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Rizieq Shihab Resmi Tersangka Kasus Kerumunan Petamburan
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Kejaksaan Harus Bersih dan Terdepan Berantas Korupsi
Warga menunjukkan jari yang telah ditetesi tinta pemilu usai memberikan hak suara untuk Pilkada 2020. Foto/Antara/Basri Marzuki

NASIONAL

Partisipasi Pilkada 2020 Hanya Sekitar 70 Persen
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Ist

NASIONAL

Wagub DKI Imbau Jemaah Masjid Disiplin Protokol Kesehatan
Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

NASIONAL

Artis TA Ditangkap Terkait Dugaan Prostitusi Online
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta menilai sumur resapan alias drainase vertikal yang menjadi salah satu upaya Gubernur DKI Anies Baswedan guna menangkal banjir belum bekerja efektif. Foto/Antara

NASIONAL

Sumur Resapan Anies Tak Cukup Tangkal Banjir Jakarta
Kantor KPK KPK di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Dugaan Korupsi di Stadion Mandala, KPK Geledah Dua Tempat