Home / NASIONAL

Jumat, 29 Januari 2021 - 11:39 WIB

Kasus Covid-19 Masih Meningkat Sepanjang PPKM

Ambulansdi RSPI Sulianti Saroso. Foto/Antara

Ambulansdi RSPI Sulianti Saroso. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kasus infeksi virus corona (Covid-19) terus meningkat di sebagian besar wilayah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut masih terjadi lonjakan jumlah kasus aktif Covid-19 di sebagian besar daerah. Setidaknya, di 83 persen wilayah kabupaten/kota penyelenggara PPKM Jawa-Bali.

“Tren kasus aktif di 77 kabupaten/kota, masih terdapat 64 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan persen kasus aktif,” kata Wiku dalam jumpa pers daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/1).

Wiku menyampaikan, kasus aktif meningkat di 4 provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Hanya DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang berhasil menekan angka kasus aktif usai dua pekan PPKM.

Jumlah persentase kesembuhan pun menurun. Hanya 21 kabupaten/kota yang mengalami peningkatan jumlah pasien yang sembuh.

Pada saat yang sama, angka kematian selama PPKM menurut Wiku dapat ditekan. Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (Bed Occupation Rate/BOR) juga disebut menurun sepanjang dua pekan terakhir.

“Secara umum dengan evaluasi dari indikator ini, masih diperlukan waktu untuk melihat sampai pelaksanaan PPKM minimal akhir Januari atau awal Februari,” ujar Wiku.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan PPKM di sejumlah daerah di Jawa dan Bali pada 11-25 Januari 2021. Kebijakan ini dilanjutkan hingga 8 Februari 2021 karena laju kasus Covid-19 yang belum bisa dikendalikan.

Data Satgas Penanganan Covid-19 per Kamis (28/1) mencatat kasus harian positif Covid-19 bertambah 13.695 orang. Dengan begitu, total positif sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020 hingga kini mencapai 1.037.993 orang.

Dari jumlah tersebut, ada 842.122 orang yang telah sembuh (bertambah 10.792) dan 29.331 orang meninggal dunia (bertambah 476).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). Foto/MI/Bary Fathahillah

NASIONAL

Demo Kedubes Prancis, Transjakarta Ubah Rute Bus
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto/PUPR

NASIONAL

PUPR Dorong BUJT Tingkatkan Kualitas Layanan
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto/Ist

NASIONAL

Insentif Prakerja Tak Kunjung Cair? Ini Sebabnya
Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa

NASIONAL

Tiga Agenda Besar Aksi Nasional Pencegahan Korupsi
Beras Bulog. Ist

NASIONAL

Per Agustus-Oktober, Bulog Salurkan Ratusan Ribu Beras Bansos
Sejumlah kendaraan berhenti saat lampu merah di dekat kawasan aturan ganjil-genap, Jalan Medan Merdeka Selatan. Foto/ANTARA/Sigid Kurniawan

NASIONAL

PSBB Transisi DKI Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara. Foto/Antara/Puspa Perwitasari

NASIONAL

Juliari Disebut Siapkan Rp3 Miliar untuk Fee Hotma
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Lantik Marullah Matali Jadi Sekda DKI Sore Ini