Home / GLOBAL

Senin, 14 September 2020 - 16:17 WIB

Kasus Covid Turun, Korsel Mulai Longgarkan Pembatasan

Suasana di Korea Selatan. Ist

Suasana di Korea Selatan. Ist

SEOUL, BERITANUSA.id – Pemerintah Korea Selatan mulai melonggarkan serangkaian pembatasan di Seoul setelah mencatat penurunan kasus harian positif virus corona (Covid-19). Penurunan kali ini tercatat sebagai yang terendah dalam sebulan terakhir.

Penurunan kasus kali ini membuat pemerintah melonggarkan aturan jarak fisik di wilayah Seoul. Pelonggaran ini sekaligus upaya untuk memperbaiki sektor perekonomian.

Mengutip Associated Press, pelonggaran ini secara resmi berlaku mulai Senin (14/9) selama dua pekan. Kafe dan toko roti diizinkan untuk menerima pelanggan untuk makan dan minum di tempat.

Larangan jam operasional kafe dan restoran hingga jam 9 malam juga telah dicabut. Sedangkan pusat kebugaran dalam ruangan dan kegiatan akademisi baru dibuka kembali setelah sekolah dapat dibuka.

Aturan untuk membuka kembali bisnis tetap harus memberlakukan aturan jaga jarak, membatasi kursi antar pengujung dan wajib mengenakan masker.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan melaporkan pada Senin (14/9) ada penambahan 109 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Penambahan ini menjadikan total kasus Covid-19 menjadi 22.285 dengan 363 kematian.

Selama 12 hari berturut-turut Korea Selatan mencatat penurunan harian kasus corona. Penambahan kasus baru kali ini juga merupakan penghitungan harian terendah sejak pertengahan Agustus lalu.

Korea Selatan kembali memperketat pembatasan sosial setelah terjadi lonjakan kasus baru corona pada Agustus lalu, sekitar 332 kasus baru.

Saat itu menjadi kasus harian tertinggi sejak Korsel melaporkan pandemi Covid-19 pada awal Maret lalu. Menghadapi gelombang pertama corona, pemerintah Korsel pun mulai memperketat pembatasan, terutama di ibu kota Seoul yang mencatat 300 kasus baru selama dua hari berturut-turut.

“Kami berada pada tahap yang sangat genting ketika kami dapat melihat awal gelombang kedua secara nasional,” kata Menteri Kesehatan Park Neung-hoo mengutip AFP.

Korsel merupakan salah satu negara yang pertama kali melaporkan infeksi corona di luar dataran China. Tak hanya itu, Korsel juga berhasil mengendalikan penyebaran virus dengan melakukan pelacakan dan tes secara masif.

Sumber: CNN Indonesia

Share :

Baca Juga

Ilustrasi ibadah umrah. Ist

GLOBAL

Arab Saudi Imbau Jemaah Suntik Vaksin Sebelum Umrah
Ilustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/IstIlustrasi vaksin virus Covid-19. Foto/Ist

GLOBAL

China Janjikan Vaksin Covid-19 kepada 5 Negara Asia Tenggara
Ilustrasi ibadah umrah. Ist

GLOBAL

Arab Saudi Izinkan Ibadah Umrah Lagi Mulai 4 Oktober

GLOBAL

Tahta Kerajaan Arab Saudi Jadi Perebutan Panas
asukan keamanan India memperketat pengamanan di perbatasan demi mencegah masuk warga Myanmar yang ingin kabur dari pemerintahan junta militer. Foto/Ist

GLOBAL

India Perketat Perbatasan Cegah Warga Myanmar Masuk
Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memutuskan menyematkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi. Foto/Ist

GLOBAL

Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di UEA
Pengadilan Kamboja menjatuhkan vonis 25 tahun penjara bagi tokoh oposisi, Sam Rainsy, yang mengasingkan diri ke luar negeri. Foto/Reuters

GLOBAL

Kamboja Vonis Tokoh Oposisi 25 Tahun Penjara
ILustrasi rudal. Foto/AFP

GLOBAL

Militer Suriah Cegat Rudal Israel di Langit Damaskus