Home / NASIONAL

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:20 WIB

Kelancaran Pasokan Pangan Harus Terjamin

JAKARTA,BERITANUSA.id -Dalam Pidato Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo menekankan tentang pentingnya ketahanan pangan. Di masa pandemi Covid-19 rantai pasokan pangan kepada seluruh warga negara harus terjamin lancar. Dia memaparkan, negara akan terus berupaya menjamin kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu produksi sampai hilir distribusi, ke seluruh wilayah negeri.

“Efisiensi produksi pangan, peningkatan nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan,” tandas Jokowi di hadapan para Anggota MPR, DPR, dan DPD RI, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Dia memaparkan, food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri. Bukan lagi menggunakan cara-cara manual, tetapi menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Bukan hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional.

“Saat ini sedang dikembangkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara, dan akan dilakukan di beberapa daerah lain. Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja,” papar Jokowi.

Selain pangan masalah kesehatan juga menjadi poin penting dalam pidato tersebut, dia menjelaskan, dengan peristiwa pandemi ini, maka reformasi fundamental di sektor kesehatan harus dipercepat. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat harus diutamakan. Penguatan kapasitas SDM, pengembangan rumah sakit dan balai kesehatan, serta industri obat dan alat kesehatan harus diprioritaskan. “Ketahanan dan kapasitas pelayanan kesehatan harus kita tingkatkan secara besar-besaran,” ujar Jokowi. (eko/es)(dpr)

Share :

Baca Juga

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Foto/Ist

NASIONAL

Tim Kajian UU ITE Diberi Tenggat hingga 22 Mei
Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

NASIONAL

Tarif Kencan Artis TA Rp75 Juta Sehari
Aksi demonstrasi tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berujung ricuh di berbagai daerah. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Demo Omnibus Law, Bentrokan Pecah di Seluruh Penjuru Negeri
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Tunjuk 5 Jubir Vaksinasi Corona
Sejumlah pekerja melintasi trotoar kawasan Sudirman, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Aturan PPKM Mikro, WFH 50 Persen Pegawai Kantor
Syekh Ali Jaber saat memberikan ceramah agama dalam acara buka puasa. Foto/Antara

NASIONAL

Syekh Ali Jaber Positif Covid-19
Juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan. Foto/Antara

NASIONAL

Mimpi Bertemu Rasul, Haikal Hassan Dipolisikan
Syekh Ali Jaber saat memberikan ceramah agama dalam acara buka puasa. Foto/Antara

NASIONAL

Jenazah Syeikh Ali Jaber Akan Dimakamkan di Tangerang